Rabu 17 Juni 2020, 09:51 WIB

Bandara Deo Sorong akan Dibuka Minggu Depan

Martinus Solo | Nusantara
Bandara Deo Sorong akan Dibuka Minggu Depan

MI/Martinus Solo
Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Kota Sorong, Papua Barat akan dibuka minggu depan

 

SETELAH sekian lama ditutup akibat pandemi covid-19, Bandara Domine Eduard Esok Setelah sekian lama ditutup akibat pandemi Covid19, maka Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Kota Sorong, Papua Barat akan kembali dibuka minggu depan. Keputusan tersebut disampaikan Walikota Sorong, Lambert Jitmau usai melakukan rapat terbatas dengan Muspida di aula Samu Siret kantor walikota Sorong, Papua Barat, Selasa (16/6).

"Akses penerbangan akan buka minggu depan, berdasarkan hasil rapat bersama Muspida. Keputusan itu nantinya akan dituangkan melalui surat edaran wali kota,"  ujar Lambert, Rabu, (17/6)

Namun, kata Lambert, dibukanya akses penerbangan khusus masuk Sorong hanya melalui satu jalur yakni Jakarta-Sorong. Sedangkan untuk penerbangan ke luar Sorong diberi kelonggaran, dengan syarat memenuhi persyaratan seperti mengantongi surat bebas Covid-19.

"Penerbangan dibuka hanya satu jalur, yang masuk Sorong harus melalui Jakarta- Sorong. Kalau dari kota Sorong mau keluar Papua seperti ke Jawa, Jakarta, Makassar, Ambon dan lain-lain itu terserah yang penting memiliki surat bebas Covid-19," jelasnya sembari menambahkan bahwa dalam sehari hanya diperbolehkan dua maskapai yang masuk di Bandara Deo Sorong.

Selain akses penerbangan, fasilitas jasa seperti seperti hotel maupun restoran juga akan dibuka. Namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Fasilitas jasa termasuk hotel dan semuanya yang ada di kota Sorong juga akan dibuka. Nanti dibuka secara resmi itu tunggu surat edarannya," terang Lambert.

baca juga: Gembira Loka Tidak Tergesa-gesa Dibuka Untuk Umum

Ia menambahkan, saat akses penerbangan mulai dibuka, pihaknya mengimbau kepada seluruh Bupati yang ada di wilayah Sorong Raya untuk menempatkan tim medisnya di Bandara DEO.

"Jadi ketika akses penerbangan sudah mulai dibuka, saya mengimbau kepada Bupati yang ada di wilayah Sorong raya untuk menempatkan tim medisnya di Bandara. Supaya yang turun dari Bandara DEO bisa diurus masing-masing oleh tim medis ke daerahnya. Kalau tidak seperti itu, mereka harus kembali dengan pesawat yang sama hari itu juga," tegasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...
Medcom

Nakes Di Buleleng Segera Jalani Vaksinasi Dosis Booster Kedua

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:55 WIB
TENAGA kesehatan (nakes) kembali mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali yang menjadi garda terdepan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya