Rabu 10 Juni 2020, 12:04 WIB

Pemprov Sumbar Didesak Susun Peta Jalan Wisata Halal

Yose Hendra | Nusantara
Pemprov Sumbar Didesak Susun Peta Jalan Wisata Halal

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Rumah Gadang, Kampung Adat Balai Kaliki, Kota Payakumbuh,Sumbar. DPRD Sumbar mendesak pemprov setempat membuat road map wisata halal.

 


PEMERINTAH Provinsi Sumatra Barat diminta segera menyusun peta jalan (road map) wisata halal. Penyelenggaraan wisata halal diharapkan mampu memberikan dampak positif kepada perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatra Barat Supardi mengatakan, perubahan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPDA) telah mengakomodir penyelenggaraa wisata halal, namun peta jalan penyelenggaraannya belum disusun.

"Dengan ditetapkannya Perda wisata halal, diharapkan segera disusun," kata Supardi, Rabu (10/6).

Dia menambahkan, perkembangan wisata halal merupakan peluang besar bagi Sumatera Barat. Sebab konsep dari wisata halal tersebut sesuai dengan kultur dan filosofi masyarakat yaitu ABS - SBK (Adat Basandi Syarak - Syarak Basandi Kitabullah).

Namun, dia mengingatkan agar penyelenggaraan wisata halal jangan menjadi wisata eksklusif yang hanya dinikmati oleh wisatawan muslim. Menurutnya, hal itu perlu disosialisasikan bahwa wisata halal atau halal tourism adalah penerapan nilai Islami dalam penyelenggaraan pariwisata.

"Baik dari segi makanan, ketersediaan tempat ibadah, kebersihan, kesehatan dan sebagainya. Jadi bukan wisata eksklusif, seluruh wisatawan dapat menikmati sebab yang diterapkan adalah nilainya," ujarnya.

baca juga: Sebelum Kembali Dibuka, Taman Pintar Yogyakarta Gelar Simulasi

Ranperda tentan Penyelenggaraan Pariwisata Halal dibahas DPRD melalui Komisi V. Ranperda tersebut termasuk rancangan produk hukum daerah yang difasilitasi Kemendagri.  Selanjutnya, Kemendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah telah menetapkan hasil fasilitasi terhadap Ranperda tersebut pada tanggal 22 April 2020 lalu. Secara prinsip, penyempurnaan yang dilakukan hanya pada perubahan redaksional, tidak ada yang substansial. (OL-3)

Baca Juga

MGN/Faizal Wahab

Polisi Dipecat karena Jadikan ART 13 Tahun Budak Seks

👤Faizal Wahab (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 19:30 WIB
ANGGOTA Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan AKB Mustari dipecat setelah menjadi terdakwa kasus pencabulan anak di bawah...
MI/JANUARI H

Pesisir Selatan Angkat 1.269 Guru Honorer Jadi ASN Tahun Ini

👤Yose Hendra 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 19:12 WIB
Menurut data Data Pokok Pendidikan Dinas Pendidikan Pessel, jumlah guru yang masih berstatus honorer sebanyak 2.571...
ANTARA

Sulteng Diharapkan Jadi Lumbung Jagung Nasional

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 19:02 WIB
LAHAN perkebunan yang luas di Sulawesi Tengah (Sulteng) diharap bisa dimanfaatkan sebagai lumbung dan pusat industri jagung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya