Kamis 14 Mei 2020, 22:10 WIB

Bali Gelar Doa Bersama untuk Indonesia

Arnoldus Dhae | Nusantara
Bali Gelar Doa Bersama untuk Indonesia

MI/Ruta Suryana
wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati

 

Seluruh pemimpin agama di Bali menggelar doa bersama untuk bangsa dan negara. Pemerintah Provinsi Bali juga ikut ambil bagian dalam doa bersama bagi bangsa dan negara.

Wakil Gubernur (wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menghadiri doa dan persembahyangan bersama di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kamis (14/5).

Acara ini menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Agama RI terkait Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan yang melibatkan Pimpinan Negara (Presiden dan Wakil Presiden RI, tokoh-tokoh nasional, tokoh-tokoh lintas agama dan seluruh masyarakat Indonesia) untuk bersama-sama bersujud dan berdoa di rumah kediaman masing-masing agar virus korona segera berakhir dan lenyap dari muka bumi.

Pada kesempatan tersebut, Cok Ace (panggilan akrab Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati) mengajak semua pihak agar tidak lelah menahan diri untuk diam di rumah dulu sebelum berakhirnya penyebaran virus korona.

Baca juga: Jabar Terapkan PSBB, Penyebaran Virus Korona Malah Makin Masif

"Kita tidak pernah tahu dari mana dan apa penyebab virus ini, tetapi tetaplah bersabar untuk tidak berkumpul dan membuat keramaian dulu, karena hal serupa tidak hanya dialami oleh Bali dan Indonesia saja, namun juga dunia," kata Cok Ace, Kamis (14/5).

Apabila kita menerobos imbauan pemerintah, lanjutnya, kita semua juga tidak akan mampu berbuat banyak. "Karena virus ini sudah mematikan seluruh sektor perekonomian dan seluruh lini kehidupan masyarakat," tandasnya.

Kegiatan ini dilakukan bertepatan di Hari Kamis yang juga secara Hindu tepat pada rahinan kajeng kliwon uwudan yang dipercaya sebagai hari pemusnahan hal buruk secara niskala, yang memang segala arah penghidupan di dunia tidak pernah lepas dari kehendak Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta alam semesta.

Setelah persembahyangan usai, Cok Ace, Dewa Made Beratha (Gubernur 2 periode) dan Ketut Suarjaya (Kadis Kesehatan Provinsi Bali) menyerahkan tirta pura Lempuyang, pura Batukaru, tirta jangkep Nyomya Sarwa Lara Raga Upas Sasab Gering Merana dan tirta pura Dalem Peed kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota se-bali.

Tirta tersebut nantinya disiramkan kepada seluruh tenaga medis yang bertugas menangani covid-19 di wilayahnya masing-masing. (OL-14)

Baca Juga

MI/Lina Herlina

Siap Wujudkan Kemandirian Pangan, Lebih dari 5.000 Insan Pertanian Hadiri Pra Penas 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:11 WIB
Lewat kegiatan ini diharapkan dapat terbangun sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Hasil Lab BBVeteriner Maros Pastikan Kematian Sapi di Sulsel Negatif Antraks

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:08 WIB
Cuaca yang ekstrim akhir-akhir ini menyebabkan ternak dapat dehidrasi di area...
Dok Kementan

Bawang Merah di Jayapura Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 06:30 WIB
Bawang merah antar pulau diambil dengan harga Rp6 ribu-Rp 70 ribu/kg namun kondisinya masih kotor sehingga harus dibersihkan terlebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya