Kamis 30 April 2020, 12:40 WIB

Kelistrikan Aman Walau Ubur-ubur Penuhi Perairan PLTU Paiton

Antara | Nusantara
Kelistrikan Aman Walau Ubur-ubur Penuhi Perairan PLTU Paiton

Istimewa
Ubur-ibur di perairan PLTU Paiton Probolinggo (30/4)

 

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menginformasikan ada ribuan ubur-ubur yang memenuhi perairan di Perusahaan Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton 1 dan 2 di Probolinggo, Jawa Timur. PLTU tersebut dikelola anak perusahaan PLN, PT PJB
(Pembangkitan Jawa Bali).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari PT PLN di Jakarta, Kamis (30/4), kondisi kelistrikan dalam keadaan aman tanpa adanya gangguan dari ubur-ubur.

PLN mengatakan kejadian kali ini bukan yang pertama kali. Menurut PLN, kejadian ini pernah terjadi, yakni tahun 2016. Alhasil, kali ini PLN bisa lebih mengantisipasinya.

Baca juga: Gubernur Jateng Kecewa Warga Semarang Tidak Disiplin

PT PJB juga menyiapkan berbagai langkah penanganan untuk menjaga keberlangsungan penyediaan listrik di pembangkit yang memiliki daya terpasang 800 MW ini agar tidak terganggu.

Selain itu, PJB memastikan akan menjaga biota laut ini tidak masuk ke dalam mesin pembangkit dengan hati-hati dan ramah lingkungan. Tentu tindakan ini bertujuan agar ubur-ubur tetap terjaga kelestariannya.

Cara yang dilakukan adalah dengan memakai pengamanan jaring tiga lapis di dekat mesin pembangkit. Jaring pengaman diletakkan di 'canal intake', mesin pompa, dan depan area mesin.

Dalam hal ini, PLN menggandeng nelayan sekitar untuk membantu pengamanan dengan menggunakan 7 perahu selama 24 jam yang terdiri atas 15 personel. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Gelombang Setinggi 6 Meter Ancam Perairan Selatan Jawa

👤Lilik Darmawan 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:09 WIB
Masyarakat yang mau berwisata di pantai diminta mewaspadai potensi gelombang tinggi. Begitu juga pengguna jasa kelautan perlu tetap...
Antara

Khofifah Ibadah Haji, Emil Dardak Jabat Plt Gubernur Jatim 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 21:08 WIB
Selama dirinya menjalani ibadah haji, Khofifah juga meminta seluruh aparat di Pemprov Jawa Timur memastikan pelayanan masyarakat berjalan...
Antara

Menparekraf Ikut Tradisi Potong Rambut Gimbal di Dieng

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 20:33 WIB
Cukur rambut gimbal disebut sebagai warisan budaya tak benda Wonosobo yang sudah ditetapkan pada 2016. Adapun cukur rambut gimbal memiliki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya