Kamis 30 April 2020, 09:09 WIB

Penyuluh Pertanian di Banyuwangi Dapat Tunjangan Rp5-10 Juta

Usman Afandi | Nusantara
Penyuluh Pertanian di Banyuwangi Dapat Tunjangan Rp5-10 Juta

MI/Usman Afandi
Para penyuluh pertanian di Kabupaten Banyuwangi mendapatkan tunjangan kinerja antara Rp5,6 juta-Rp10,4 juta.

 

BUPATI Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menyediakan tunjangan berbasis kinerja (tukin) kisaran Rp5,6 juta hingga Rp10,4 juta. Besarannya dua kali lipat bahkan lima kali lipat dari upah minimum kabupaten UMK 2020 di Jawa Timur sebesar Rp2,3 juta.

Kepala Dinas Pertanian, Arief Setyawan mengatakan penyuluh Banyuwangi saat ini telah melaksanakan penyuluhan milenial berbasis teknologi informasi. Kebutuhan petani dilayani cepat dan tepat oleh 19 balai penyuluhan pertanian yang didukung aplikasi online seperti e-Bilaperdu, untuk mengurai peta lahan, potensi komoditas hingga hingga harga di tingkat petani dan pedagang.

"Kerja keras penyuluh mendapat perhatian Pemkab berupa Tukin mengacu pada jenjang jabatan. Besarannya Rp5,6 juta hingga Rp10,4 juta untuk jenjang pertama, muda dan madya," kata Arief Setyawan, Kamis (30/4).

Dia menambahkan dukungan aplikasi online di bawah kendali Pongky HA selaku koordinator lapangan mendorong perubahan perilaku petani mengintegrasikan pertanian dan pariwisata menjadi agrowisata. Dampaknya, pendapatan asli daerah PAD dari sektor pertanian melambung, karena hulu ke hilir mampu dikuasai melalui nilai tambah hasil produksi pertanian menjadi produk olahan.

baca juga: Positif Covid-19 di Temanggung Bertambah 11 Orang

Penyuluh pusat Kementan Sri Puji Rahayu selaku pendamping kegiatan penyuluhan pertanian Jawa Timur mengatakan strategi dan kebijakan Banyuwangi sejalan instruksi Mentan Syahrul Yasin Limpo untuk mengembangkan pertanian 'maju, mandiri dan modern' melalui revitalisasi peran penyuluh selaku Komando Strategis Pembangunan Pertanian, yang didukung Agriculture War Room. Saat ini realisasi produksi tanaman pangan Banyuwangi per Januari 2020 untuk padi mencapai 825.317 ton, kedelai 32.531 ton dan jagung 209.165 ton. (OL-3)

Baca Juga

dok.ist

Sahabat Lamongan Optimis Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2024

👤mediandonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:40 WIB
RATUSAN relawan Sahabat Sandi memberikan dukungan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada pilpres...
dok.Humas Pemprov Jateng

Tips Ganjar Pranowo Cegah Korupsi dan Pungli di Jawa Tengah

👤Haryanto 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 08:05 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyebut perilaku korup bisa dilakukan siapa saja. Ganjar menilai, korupsi bisa dicegah dengan...
MI/Voucke Lontaan

Polda Sulut Tangkap Dua Warga Terduga Penyelundup 8 Senjata Api

👤Voucke Lontaan 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 06:55 WIB
KEPOLISIAN Daerah Sulawesi Utara, menangkap dua pria berinisial, OM, 18, dan FM, 22, warga Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya