Rabu 19 Februari 2020, 23:00 WIB

Durian Kadu Hejo Juarai Festival Hortikultura Pandeglang

Antara | Nusantara
Durian Kadu Hejo Juarai Festival Hortikultura Pandeglang

Ist
Durian Kadu Hejo

 

DURIAN kadu hejo meraih juara pertama pada festival hortikultura Pandeglang. Durian ini dikenal memiliki mutu dan kualitas yang ungul. Rasanya manis serta beraroma juga buahnya cukup tebal. Durian ini kini dikembangkan oleh petani di Pandeglang. 

"Kami optimistis durian kadu hejo bisa menembus pasar domestik hingga mancanegara," kata Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Wahyu Widiyanti, Rabu (19/2).

Pemerintah daerah akan mengusulkan durian kadu hejo pada Kementerian Pertanian untuk mendapatkan sertifikasi. "Kami secara bertahap sudah mengantongi dua buah durian lokal yang bersertifikasi yakni durian sepah dan durian si radio," katanya menjelaskan.

Menurut dia, festival hortikultura itu diikuti sebanyak 10 peserta yang menampilkan durian lokal yang terbaik di Kabupaten Pandeglang.

Selama ini, Pandeglang merupakan daerah terbesar penghasil buah durian di Banten. Bahkan, durian Pandeglang pernah mengalami kejayaan sebagai durian terbaik dan berkualitas.

Karena itu, pemerintah daerah menggelar festival hortikultura untuk mengembalikan kejayaan Pandeglang sebagai penghasil durian berkualitas. "Kami sudah empat tahun terakhir ini menggelar perlombaan durian lokal," katanya.

Bedi (28), seorang petani yang meraih juara pertama mengatakan bahwa durian yang dikembangkan di lahan miliknya itu merupakan asli dari Kampung Salam, Kecamatan Kadu Hejo, Kabupaten Pandeglang. 

Durian ini, awalnya bernama Kanyere atau yang lebih dikenal durian emas. "Yang juara itu namanya kanyere dan asli dari Kampung Salam Kecamatan Kadu hejo," katanya. (OL-12)

Baca Juga

dok.pribadi

Masalah Internet Bisa Bikin PON di Papua Ambyar

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Jumat 07 Mei 2021, 20:51 WIB
AKSES internet di Papua, terutama di dua kota utama yaitu Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura serta beberapa daerah sekitarnya sampai saat...
Antara

Pelaku Usaha Wisata di Bandung Barat Sekarat

👤Depi Gunawan 🕔Jumat 07 Mei 2021, 20:39 WIB
PEMILIK usaha pariwisata dimohon agar kegiatan kunjungan wisata ditutup sementara mulai tanggal 7-14 Mei 2021. Permohonan Pemkab Bandung...
MI/Arnoldus Dhae

Pemilu 2024, NasDem Targetkan Raih Empat Kursi DPR dari NTT

👤Palce Amalo 🕔Jumat 07 Mei 2021, 19:11 WIB
PARTAI NasDem membidik empat kursi DPR RI dari daerah pemilihan 1 dan 2 Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pemilu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya