Jumat 14 Februari 2020, 09:36 WIB

Borobudur Batasi Lokasi Kunjungan

(TS/N-2) | Nusantara
Borobudur Batasi Lokasi Kunjungan

ANTARA/Anis Efizudin/wsj.
Sejumlah wisatawan berjalan di halaman Candi Borobudur di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (13/2/2020).

 

MULAI kemarin, tidak semua lokasi di areal kompleks Candi Borobudur bisa dijejaki pengunjung. Demi pelestarian candi yang sudah ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1991, itu, pengelola membatasi kunjungan pada teras lantai 9 dan 10.

"Pembatasan dimulai hari ini hingga waktu yang tidak ditentukan. Pembatasan berlaku untuk kunjungan umum, sunrise, dan sunset," ungkap Kepala Balai Konservasi Candi Borobudur, Tri Hartono, kemarin.

Menurut dia, status sebagai Warisan Dunia menjadikan kelesta-rian Candi Borobudur menjadi perhatian seluruh dunia. Hal-hal yang berkembang di situs itu menjadi sorotan, sehingga harus dikelola dengan tepat.

Upaya pelestarian Candi Borobudur telah dimulai sejak awal abad ke-20 dengan pemugaran pertama yang dilakukan Pemerintah Hindia-Belanda pada 1907-1911. (TS/N-2)

Baca Juga

MI/Agus Utantoro

Ketum PP Muhammadiyah: Vaksinasi Bagian dari Ikhtiar Cegah Covid

👤Ardi T Hardi/Agus Utantoro 🕔Rabu 03 Maret 2021, 19:05 WIB
VAKSINASI Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Aisyiyah langsung di bawah komando dari Mohammad Komarudin selaku Direktur Utama RS PKU...
DOK IKP KOMINFO BABEL

Komitmen Tegas Gubernur Untuk Pendidikan di Babel

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 18:01 WIB
Bang ER mengatakan program PISA harus...
MI/BAYU ANGGORO

Jawa Barat Luncurkan West Java Calender Of Event 2021

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 03 Maret 2021, 17:15 WIB
Meski di tengah pandemi, optimisme untuk bangkit terus dibangun Pemprov Jawa Barat. Kalender wisata merupakan salah satu promosi untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya