Kamis 02 Januari 2020, 20:24 WIB

PT KAI Daop IX Antisipasi Banjir dan Longsor

Usman Afandi | Nusantara
PT KAI Daop IX Antisipasi Banjir dan Longsor

Antara
Kereta api

 

MEMASUKI musim peghujan PT Kereta Api Indonesia (KAI)  Daerah Operasi (Daop) IX Jawa Timur, mengantisipasi sejumlah titik rawan longsor dan banjir sepanjang perlintasan kereta api.

Manager Humas PT KAI Daop IX Mahendro Trang Bawono menjelaskan, daearah yang memiliki kerawanan banjir dan tanah longsor tersebut menurutnya berada di 20 titik lokasi. 

"Kita mewaspadai daerah yang rawan banjir dan tanah longsor, " jelas Hendro, Kamis (2/1). 

Sebanyak 20 titik yang memiliki kerawanan banjir dan tanah longsor tersebut kata dia, berada di wilayah Kabupaten Probolinggo, Jember dan Banyuwangi. 

"Kita menyediakan alat material untuk siaga dan kita juga setiap hari selama 24 jam di masing-masing pos menyediakan pemeriksa jalur yang memeriksa masing-masing trek. Jadi sewaktu-waktu ada bencana kita sudah siap, " katanya. 

Selain itu, ia juga mengungkapkan ancaman banjir pernah terjadi beberapa waktu yang lalu di wilayah kerjanya. Namun itu semua tidak menimbulkan gangguan perjalanan KA. 

"Kemarin karena intensitas hujan tinggi, ada hujan kalau tidak salah di daerah Arjasa Jember, tapi tidak mengangu.  Tergenang namun surut lagi, " katanya. 

Namun ia pun yakin, selama musim penghujan tahun 2020 ini. Pihaknya optimistis wilayah Daop IX masih aman dari ancaman banjir maupun tanah longsor. 

"Saat ini ancamannya ya banjir dan tanah longsor. Tapi kami optimistis wilayah kami masih aman,'' tuturnya. (OL-11)

Baca Juga

MI/Yose Hendra

Balimau di Masjid, Tradisi Silaturahim Ramadan di Agam

👤Yose Hendra 🕔Senin 12 April 2021, 11:52 WIB
Masyarakat Nagari Kampuang Pinang, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, gelar balimau dengan cara menjalin silaturahmi di masjid...
MI/Dok Humas Riau

Pariwisata Riau Kembali Bangkit

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Senin 12 April 2021, 11:38 WIB
Setelah terpuruk akibat covid-19, Pemprov Riau membangkitkan lagi sektor pariwisata  dengan meluncurkan Calendar of Event (CoE)...
MI/Bagus Suryo

BNPB Berikan Stimulan Rehab Rumah Rusak Dampak Gempa Malang

👤Atalya Puspa 🕔Senin 12 April 2021, 11:07 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo memberikan dana stimulan bagi warga yang rumahnya rusak akibat gempa di Malang, Jatim. Stimulan rusak ringan Rp10...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya