Rabu 04 Desember 2019, 17:15 WIB

Pemerintah Diminta Penuhi Butir Kesepakatan Helsinki

Widhoroso | Nusantara
Pemerintah Diminta Penuhi Butir Kesepakatan Helsinki

Dok Pribadi
Wali Nanggroe Aceh Tengku Malik Mahmud Al-Haythar (kiri) dan pengamat intelejen Suhendra Hadikuntono

 

PEMERINTAH kembali diminta untuk segera melakukan langkah-langkah nyata menindaklanjuti MoU Helsinki yang disepakati Indonesia dengan gerakan Aceh Merdeka (GAM). Butir-butir kesepakatan dalam Mou Helsinki tersebut dinilai belum sepenuhnya dijalani.  

"Banyak permasalahan yang belum dituntaskan mulai soal lambang Aceh, pembagian kewenangan antara Aceh dan pusat, hingga permasalahan perekonomian kombatan. Semua itu akibat belum tuntasnya tanggung jawab pemerintah Indonesia,” ungkap Wali Nanggroe Aceh Tengku Malik Mahmud Al-Haythar di Aceh Besar, kemarin.

Lebih jauh, Wali Nanggroe berharap para wakil rakyat Aceh yang terpilih menjadi anggota DPR RI, DPD RI, DPR Aceh maupun DPRK kabupaten/kota se-Aceh dan telah mendapatkan amanah dari rakyat Aceh, dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya, terkhusus dalam hal penguatan perdamaian.

Menurutnya, kepentingan rakyat harus didahulukan daripada kepentingan kelompok atau pribadi. Sebab, tidaklah bermartabat suatu bangsa jika bangsa tersebut tidak menghargai dan berbangga terhadap sejarahnya.

“Kepahlawanan pejuang-pejuang Aceh harus menjadi inspirasi, panduan dan semagat untuk putra-putri bangsa Aceh,” cetusnya.

Dihubungi terpisah, pengamat intelijen Suhendra Hadikuntono yang mengatakan sejak lama dirinya sudah mengingatkan pemerintah soal penyelesaian tuntas masalah di Aceh. Peringatan itu dilontarkannya agar pemerintah jangan terlambat mengambil sikap soal Aceh. (RO/R-1)

Baca Juga

MI/Rudi Kurniawansyah

Kolaborasi KPK-BPN-PLN Riau Selamatkan Aset Tanah Senilai Rp110,7M

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:10 WIB
Kepala Kanwil ATR/BPN Riau Syahrir mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada PT PLN (Persero) atas sinergi ini sehingga sertifikat...
Antara

Hukuman Jerinx Didiskon 4 Bulan dalam Putusan Banding

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:10 WIB
Hukuman Jerinx, drumer band Superman Is Dead mendapat keringanan 4 bulan dalam putusan Pengadilan Tinggi,...
Dok. Andi Bansuhari Mappasompa

Kelebihan Listrik Sumsel Disalurkan untuk Jambi dan Lampung

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:09 WIB
Sumsel memiliki kelebihan energi listrik sekitar 450...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya