Selasa 26 November 2019, 01:20 WIB

Sumsel Minta Dukungan Dana dari Pusat

MI | Nusantara
Sumsel Minta Dukungan Dana dari Pusat

MI/Dwi Apriani
Sumsel Minta Dukungan Dana dari Pusat

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan (Sumsel) mengusulkan pembiayaan untuk sejumlah proyek infrastruktur jalan dan jembatan ke pemerintah pusat. Nilai anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan proyek tersebut mencapai Rp10,69 triliun.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengatakan terdapat enam proyek pembangunan jalan dan jembatan di provinsi itu yang pembiayaannya diusulkan ke pemerintah pusat melalui Komisi V DPR RI.

Keenam proyek tersebut di antaranya, jalan akses Jembatan Musi IV di Kota Palembang, fly over Simpang Sekip, underpass Simpang Charitas, jalan lingkar luar timur, jalan pesisir Timur OKI dan jalan lingkar luar barat.

“Keenam proyek itu rata-rata sudah dibuat DED dan FS dan hanya tinggal pelaksanaannya saja,” kata Deru. Dia melanjutkan, salah satu proyek yang mendesak untuk direalisasikan, yakni pembangunan jalan akses Jembatan Musi IV.

Untuk membangun jalan akses tersebut, lanjutnya, diperlukan upaya pembebasan lahan. Namun,  APBD Sumsel tidak cukup untuk membiayai pembebasan lahan tersebut.

“Untuk itu, kami mengusulkan sharing dana dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) senilai Rp188 miliar,” terangnya.

Menurutnya, kebutuhan pelaksanaan pembangunan jalan akses tersebut mendesak dilaksanakan lantaran kondisi lalu lintas di sekitar jembatan terutama di sekitar jalan KH Azhari sudah cukup padat. “Akses jembatan kurang maksimal karena tidak ada jalan penerusnya,” ungkapnya.

Proyek lainnya yang bertujuan untuk memecahkan kemacetan di kota Palembang ialah pembangunan fly over Simpang Sekip.

Dana yang dibutuhkan untuk membiayai jembatan penyeberangan itu mencapai Rp282 miliar. “Untuk fly over tersebut, kami juga meminta dukungan dari Pemerintah Kota Palembang dalam hal pembebasan lahan. Luas lahan yang perlu dibebaskan yakni 7.419 meter persegi,” urainya.

Titik lainnya yang juga menjadi sumber kemacetan di kota Palembang adalah  Simpang RS Charitas. Untuk mengurai kemacetan di sana, sudah ada rencana membangun underpass sepanjang 350 meter dengan besaran anggaran sekitar Rp300 miliar. (DW/N-3)

Baca Juga

MI/Wdjajadi

Tidak Berizin, Baliho Rizieq Syihab di Bangkalan Diturunkan

👤Muhamad Ghazi 🕔Sabtu 28 November 2020, 18:16 WIB
Penurunan dilakukan karena baliho dan spanduk tersebut tidak berizin dan sebagian terpasang di daerah...
DOK MI

Pendukung Calon Bupati Tawuran, Polisi Tangkap 13 Orang

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 28 November 2020, 18:02 WIB
Saat ini para pelaku ditahan  untuk proses hukum selanjutnya. Barang bukti lainnya yang turut diamankan yakni satu unit mobil pick up,...
ANTARA

Kapolda Sulteng: Tidak ada Gereja yang Dibakar Lembantongoa

👤M Taufan SP Bustan 🕔Sabtu 28 November 2020, 17:54 WIB
Satuan Tugas Operasi Tinombala telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan perburuan para pelaku yang diduga merupakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya