Rabu 03 Februari 2016, 23:44 WIB

Ratusan Orang Keracunan Makanan di Kabupaten 50 Kota

Yose Hendra | Nusantara
Ratusan Orang Keracunan Makanan di Kabupaten 50 Kota

ANTARA/Adeng Bustomi

 

SEDIKITNYA 150 orang keracunan makanan seusai pesta akikah dan menaiki rumah di Nagari Balai Panjang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten 50 Kota, Sumatra Barat, Selasa (2/2).

"Korban mulai berjatuhan kemarin pada pukul 10.00 WIB. Dan sampai pukul 13.30 WIB tadi, masih ada laporan korban,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten 50 Kota Adel Nofiarman, Rabu (3/2).

Ia mengatakan, indikasi keracunan karena korban berjatuhan usai menyantap hidangan dalam acara tersebut. Ada pun menunya antara lain, gulai sapi, gulai cubadak, dan gulai tahu.

Awalnya, sebut Adel, sebanyak 30 orang dilarikan ke Puskesmas Pakan Rabaa. Selain itu, ada juga diantaranya yang dirawat di RSUD DR. Adnaan WD Payakumbuh. Sebagian lagi di Rumah Sakit Achmad Darwis Suliki. "Sekarang masih ada 12 orang lagi yang dirawat di RSUD Adnaan WD," ujarnya.

Meski terindikasi keracunan, Adel mengatakan, untuk mengetahui penyebab dinas kesehatan tengah melakukan penyelidikan epidemiologi (PE). Disamping itu, ujar Adel, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sudah turun ke lapangan untuk mengambil sampel dan membawanya ke labor. "Untuk penyebab pasti, kita tunggu hasil labor,” tukasnya. (OL-2)

Baca Juga

Dok MI

Yogyakarta Miliki 703 Relawan Pemadam Kebakaran, Ini Tugasnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 11:35 WIB
Pembentukan Redkar dilakukan berbasis kelurahan dengan 10 personel di setiap...
dok.ist

HUT RI: Pulau Terluar Papua Barat Bentangan 77 Meter Bendera Merah Putih

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 11:20 WIB
PENJABAT Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si bersama Forkopimda dan masyarakat membentangkan 77 meter...
Dok

58 Buku Kolaborasi Seri Literasi Digital Diluncurkan

👤Ruta Suryana 🕔Senin 15 Agustus 2022, 10:46 WIB
Kemenkominfo bersama 7 lembaga menerbitkan  58 buku literasi digital. Masyarakat bisa menggunakan buku-buku Literasi Digital secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya