Selasa 01 Oktober 2019, 18:15 WIB

Peringati Hari Kopi Sedunia, Jambi Ukir Rekor Muri

Solmi | Nusantara
Peringati Hari Kopi Sedunia, Jambi Ukir Rekor Muri

MI/Solmi
Peringati Hari Kopi Sedunia, Jambi Ukir Rekor Muri

 

PENYEDUHAN tiga varian kopi milik petani Jambi yang disajikan dan dibagikan kepada ribuan warga pada Hari Kopi Sedunia 2019 di Kota Jambi, Selasa (1/10), memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

"Ada tiga ribu cip kopi diseduh oleh seratus orang untuk jenis kopi asli Jambi. Penyajian tiga jenis kopi ini baru pertama dicatat Muri," kata Senior Manager Muri, Awan Rahargo, di Ratu Convention Centre Kota Jambi, Selasa.

Ketiga jenis kopi hasil budi daya petani Jambi tersebut ialah Liberika, Robusta, dan Arabika.


Baca juga: Pemkab Pidie Siap Populerkan Kopi Liberika


Menurut Ketua Panitia Hari Kopi Sedunia 2019 di Jambi, Ariansyah, pemecahan rekor Muri tersebut diharapkan bisa menyemangati dunia perkopian di Jambi, mulai dari hulu sampai hilir.

"Hari ini kita adalah hari rayanya kopi, dihadiri semua stakeholder mulai dari petani kopi sendiri, pelaku usaha, dan pemangku pemerintah terkait. Tidak hanya pemecahan rekor Muri, kita harapkan kegiatan ini menjadi alternatif buat pendapatan masyarakat dan daerah Jambi," kata Ariansyah.

Selain pemecahan rekor penyeduhan tiga varian kopi asli Jambi, Hari Kopi Sedunia yang akan digelar sampai 4 Oktober 2019, diisi sejumlah kegiatan, mulai dari seminar, pameran, lomba barista, dan atraksi pengolahan kopi oleh petani Jambi. (OL-1)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Teknologi Dipadu Budidaya Magot untuk Solusi Sampah

👤Lilik Darmawan 🕔Minggu 29 November 2020, 09:36 WIB
Magot atau belatung dapat dibudidayakan menjadi magot dewasa untuk pakan ternak atau dilanjutkan jadi lalat hitam atau black soldier fly...
Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Barito Kuala Bagian Pengembangan Food Estate

👤Denny Susanto 🕔Minggu 29 November 2020, 09:30 WIB
Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan menjadi bagian program pengembangan ketahanan pangan (food estate) yang tengah dijalankan...
Ilustrasi

Komunitas Biara Kkottongaen di Mabar Terpapar Covid-19

👤John Lewar 🕔Minggu 29 November 2020, 09:23 WIB
Komunitas biara Suster Bruder KKottongaen Indonesia di Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT ada yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya