Sabtu 28 September 2019, 15:15 WIB

Gubernur Jambi Jamin Pengobatan Korban Kabut Asap Gratis

Solmi | Nusantara
Gubernur Jambi Jamin Pengobatan Korban Kabut Asap Gratis

MI/Solmi
Gubernur Jambi Fachrori Umar mengecek pelayanan medis terhadap warga terjangkit ISPA akibat terpapar kabut asap di Kabupaten Tanjungjabung

 

GUBERNUR Jambi Fachrori Umar berkeliling wilayah untuk memastikan korban kabut asap yang mengalami infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) mendapat pelayanan terbaik dan gratis di puskesmas dan rumah sakit di daerah terpapar.

"Alhamdulillah, kabut asap mulai menghilang karena sudah turun hujan. Makanya saya berkeliling ke beberapa daerah terpapar untuk mengecek keadaan warga yang kena ISPA. Sekaligus memastikan mereka mendapat pelayanan medis terbaik dan gratis," kata Fachrori Umar yang berboncengan dengan Bupati Romi Hariyanto mengunjungi pelosok Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jumat (27/9).

Baca juga: Kota Jambi Akhirnya Diguyur Hujan

Fachrori menyebutkan, kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan menyelimuti sebagian besar Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Tingkat pencemaran udara di beberapa daerah sudah pada level tidak sehat dan berbahaya hingga banyak warga terjangkit ISPA. Dia mengatakan sepanjang Januari hingga medio September 2019 sekitar 63 ribu warga Jambi terkena ISPA, terbanyak saat kabut asap merebak semenjak Agustus hingga September 2019.

"Alhamdulillah, beberapa hari ini hujan sudah mulai turun, diharapkan dapat mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi, dan masyarakat yang berdampak ISPA teratasi cepat," ujar Fachrori.

Selama berkeliling, selain menyemangati korban ISPA yang dirawat di puskemas, rumah sakit dan penanganan di rumah-rumah singgah yang disediakan dekat lokasi terdampak, Fahcrori Umar memberikan sejumlah bantuan antara lain tabung oksigen.(OL-5)

 

Baca Juga

Dok. Astra

Nurani Astra Salurkan Bantuan Tahap Awal Sebesar Rp1,4 Miliar untuk Korban Gempa Bumi di Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 07:00 WIB
Hingga Rabu, 30 November 2022, jumlah bantuan yang telah disalurkan mencapai Rp1,1 miliar dari total bantuan tahap awal sebesar Rp1,4...
Antara

Distribusi Air Bersih Pengungsi Cianjur Dijamin Terpenuhi

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:48 WIB
Selain permakanan, kebutuhan dasar air bersih juga menjadi hal yang paling...
MI/NAVIANDRI

Rufous Events Hadirkan Bazar Bernuansa Natal di Pullman Bandung

👤Naviandri 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:20 WIB
Rufous menghadirkan 40 tenan, mulai dari kuliner hingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya