Kamis 16 April 2015, 00:00 WIB

Tenaga Penyuluh Perikanan Minim

MI | Nusantara
Tenaga Penyuluh Perikanan Minim

Antara
Penyuluh perikanan mengamati bibit ikan bandeng bantuan pemerintah.

 

JUMLAH tenaga pendukung sektor perikanan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sangat memprihatinkan meskipun potensi produksi dari budi daya ikan sangat melimpah.

Kepala Subbidang Program dan Pelaporan Penyuluh Badan Penyuluh Pertanian, Perikanan, Perkebunan dan Kehutanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis, Ghaniy, mengatakan jumlah tenaga penyuluh perikanan hingga kini masih kurang.

"Tenaga penyuluh perikanan jumlahnya 13 orang berstatus PNS yang tersebar di tiap kecamatan. Satu penyuluh bisa membawahkan dua sampai tiga kecamatan," kata Ghaniy, kemarin.

Namun, sesuai peraturan Menteri Perikanan dan Kelautan, untuk satu kecamatan harus memiliki 2-3 penyuluh. Adapun pelaku budi daya ikan sebanyak 84.083 yang tersebar di 492 kelompok. Produksi ikan per tahun sangat besar, di antaranya nila sebanyak 15.347 ton per tahun, gurami 3.378 ton per tahun, dan udang galah pamarican 98,23 ton per tahun.

Menurutnya, untuk meningkatkan produksi ikan yang tinggi, andil para penyuluh sangat dibutuhkan. "Jika penyuluhnya banyak, produksi ikan bisa bertambah banyak."

Di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, produksi perikanan terutama perikanan tangkap masih termasuk terbesar di Jawa Timur. Tahun lalu, angka produksi dari sektor itu mencapai 74.625,4 ton atau naik tipis dari produksi 2013 yang mencapai 73.183 ton.

Kabag Humas dan Infokom Kabupaten Lamongan, Sugeng Widodo, mengatakan tahun ini ada beberapa program yang sudah disiapkan untuk meningkatkan produksi perikanan.

"Antara lain kegiatan pascaproduksi pengadaan mesin pemecah dan penggilingan es termasuk anggaran pengadaan keranjang ikan," kata Sugeng.

Pengadaan alat tangkap perikanan berupa bubu senilai Rp80 juta akan diberikan kepada sembilan kelompok usaha bersama (KUB), dan rumpon dasar laut kepada dua KUB dengan anggaran Rp180 juta. (AD/YK/N-4)

Baca Juga

Antara

Hewan Ternak Sembuh dari PMK di NTB Capai 28 Ribu Ekor

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:30 WIB
Angka kesembuhan hewan ternak dari serangan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Nusa Tenggara Barat (NTB) meningkat hingga mencapai 28.132...
Dok. Rodalink Indonesia

Dorong Gaya Hidup Sehat, Rodalink Tambah Outlet Baru di Bandung Raya

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:04 WIB
Lokasinya persis di seberang Rumah Sakit Karisma atau sekitar 1 km dari pintu tol Padalarang dan Kota Baru...
ANTARA

Bantul Dikunjungi 48 Ribu Lebih Wisatawan Selama Tiga Hari

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 10:53 WIB
Destinasi wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dikunjungi sebanyak 48.585 wisatawan selama libur akhir pekan dari 1...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya