Jumat 06 September 2019, 19:25 WIB

Kabut Asap kian Pekat, Siswa TK dan SD di Jambi Diliburkan

Solmi | Nusantara
Kabut Asap kian Pekat, Siswa TK dan SD di Jambi Diliburkan

ANT/Wahdi Septiawan
Suasana pesisir Pantai Timur Sumatra yang diselimuti kabut asap di Kampung Laut, Kuala Jambi, Tanjungjabung Timur, Jambi.

 

LANTARAN khawatir terpapar kabut asap yang kian pekat dan berbahaya bagi kesehatan, semua kegiatan belajar mengajar siswa Pendidikan Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak, dan Sekolah Dasar di Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jumat (6/9).

Keputusan meliburkan tersebut dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Nasional Tanjungjabung Timur (Tanjabtim), karena tingkat pencemaran udara akibat kabut asap masih di level berbahaya. Tidak hanya sampai batas siswa kelas tiga, semua siswa sampai kelas enam, terhitung Jumat (6/9) hingga Sabtu (7/9) diliburkan.

Kabut asap yang berasal dari kebakaran lahan gambut di sejumlah wilayah Tanjabtim dan sekitarnya, sepanjang Jumat kemarin kian pekat, dengan jarak pandang hanya sebatas 100 sampai 200 meter.


Baca juga: Dilaporkan ke Polisi Terkait Utang, Aa Umbara: Saya Lupa


"Kabut asap kian pekat dan berbahaya bagi kesehatan anak. Sesuai surat edaran dari Kepala Dinas, siswa kembali diliburkan, semuanya," ujar Kepala SDN 23 Tanjabtim, Raden Abdul Kadir, saat dimintai konfirmasi, Jumat.

Tidak hanya berdampak kepada aktivitas pendidikkan di tingkat dasar, kabut asap juga menyebabkan aktivitas olahraga, yakni kompetisi liga pelajar (Soeratin Cup) untuk tingkat wilayah Tanjabtim, Jumat (6/9) hingga Sabtu (7/9), disetop oleh Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Tanjabtim.

Menurut Komite Kompetisi Askab PSSI Tanjabtim, Zainal Abidin, penghentian kegiatan kompetisi sudah dimusyawarahkan bersama semua tim yang berlaga, akibat kualitas udara di sekitar Gelora Paduka Berhala yang menjadi pusat kegiatan tidak sehat dan berkabut.

Kabut asap tidak hanya menyelimuti pekat wilayah Tanjabtim. Kondisi serupa juga terjadi di wilayah Kabupaten Tanjungjabung Barat, Muarojambi. Termasuk di Kota Jambi, kabut asap membatasi jarak pandang warga sepanjang Jumat pagi. (OL-1)

Baca Juga

MI/Sumaryanto Bronto

Pemprov NTT Tunda Kenaikan Tarif ke Komodo dan Padar

👤Palce Amalo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:16 WIB
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menunda penerapan tarif masuk ke Pulau Padar dan Pulau Komodo sebesar Rp3.750.000 per...
Ist

Turunkan Angka Stunting, Pemkot Tomohon Optimalisasi Peran Nakes

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 07:37 WIB
Prevalensi nagka stunting Kota Tomohon sendiri berada di angka 18,3%. Secara nasional, pemerintah menentukan target prevalensi...
MI/HO

Ulama di Cirebon Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 03:02 WIB
ribuan orang yang hadir juga memanjatkan doa dipimpin oleh Kyai Abdul Munif untuk Ganjar Pranowo serta harapannya bagi Indonesia yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya