Senin 26 Agustus 2019, 21:30 WIB

Penyusutan Debit Air di Bendungan Mentukul belum Ganggu Irigasi

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Penyusutan Debit Air di Bendungan Mentukul belum Ganggu Irigasi

Ilustrasi/ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas
Sawah mengalami kekeringan di musim kemarau yang berkepanjangan.

 

TIM Satuan tugas (satgas) kekeringan Provinsi Bangka Belitung (Babel) meninjau ratusan hektar sawah di Desa Rias, Kacamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, yang mengalami kekeringan.

Satgas yang terdiri dari Dinas Pertanian Babel dan BPBD mendapatkan intruksi dari Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan, untuk mengatasi kekeringan persawahan tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Babel Juaidi mengatakan tim sudah memantau Bendungan Mentukul untuk melihat debit air di bendungan tersebut."Hasil pantauan kami, memang debit air bendungan mentukul itu turun tapi masih berada di kisaran 2,7 meter, artinya masih bisa mengairi sawah," kata Juaidi, Senin (26/8).

Ia menyebutkan aliran dari Bendungan Mentukul tepatnya di Dusun Air Pairam Desa Rias terbuang percuma ke laut. Padahal aliran bendungan tersebut sangat dekat dengan aliran ke persawahan. "Aliran ini buntu, jadi air yang ada terpaksa dialiri ke laut sehingga terbuang percuma,"ujarnya.

Untuk itu, menurut Juaidi, salah satu solusinya yakni akan dibuka aliran baru menuju Kolong Pumpung dan Kolong Yamin untuk menyuplai air

"Solusinya kita akan buat saluran baru, mulai dari titik bidar, bukit resam dan timur belakang rias sepanjang 3 km, ini akan kita bahas di provinsi," terangnya. (A-2)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Guru Dilarang Berjudi

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 29 November 2020, 08:37 WIB
Wakil Bupati Sikka Romanus Woga mengingatkan tenaga guru yang mengajar di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur agar tidak terlibat...
MI/Apul Iskandar

Banjir Tebing Tinggi, 56 Posko Didirikan

👤Apul Iskandar 🕔Minggu 29 November 2020, 06:57 WIB
Pemkot Tebing Tinggi, Sumatra Utara mendirikan 56 posko untuk membantu warga daerah itu yang terdampak banjir akibat meluapnya Sungai...
Antara

DIY Dapat Alokasi Jatah Vaksin 2,2 Juta

👤 (DY/E-1) 🕔Minggu 29 November 2020, 05:55 WIB
DAERAH Istimewa Yogyakarta akan mendapatkan alokasi 2,2 juta vaksin untuk diberikan kepada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya