Jumat 23 Agustus 2019, 15:12 WIB

Dinas Tata Ruang Antisipasi banyaknya Pohon Tumbang

Reza Sunarya | Nusantara
Dinas Tata Ruang Antisipasi banyaknya Pohon Tumbang

MI/REZA SUNARYA
Pohon dan tiang listrik tumbang akibat hembusan angin kencang di Purwakarta, beberapa waktu lalu.

 

DINAS Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengantisipasi tingginya intensitas kecepatan angin menyusul banyaknya pohon tumbang. Apalagi keberadaan pohon rawan tumbang usianya yang sangat tua.

"Hembusan angin semakin kencang dan kita terus siaga dan waspada terutama keberadaan pohon yang rawan tumbang," Kata Kabid Pertamanan dan PJU, kosasih, di Purwakarta, Jumat (23/8).

Salah satu upayanya yakni dengan mengerahkan petugas Dinas Pertamanan dan PJU untuk menyisir sejumlah jalur. Serta melakukan pemantauan di beberapa titik yang dianggap rawan tumbang.

Menurut Kosasih, upaya pemangkasan juga sengaja dilakukan guna meminimasilasi, serta sebagai antisipasi apabila adanya pohon tumbang yang bisa membahayakan masyarakat terutama pengguna jalan.

Kokasih berharap agar ada peran aktif dari masyarakat, terutama di wilayah yang termasuk rawan akan tumbang. Menurutnya masyarakat bisa memanfaatkan call center 112 milik pemerintah ataupun bisa melalui surat permohonan langsung ke Distarkim.

Baca juga: Ratusan Pohon Peneduh di Surakarta Rawan Tumbang
 
Terkait pohon yang rawan tumbang, menurut Kosasih, jumlahnya ada puluhan pohon. Pohon tersebut, tersebar di sepanjang jalan protokol seperti di sepanjang jalan Veteran, Jalan RE Martadinata (Jalan Tengah), serta Jalan Ibrahim Singadilaga.

Sebelumnya di beberapa titik di Purwakarta terdapat kejadian pohon tumbang. Di antaranya di Bungursari dan Darangdan, akibat hembusan angin kencang pohon tumbang.

Sementara di Darangdan, Pohon dan Tihang Listrik PLN tumbang dan menutup sebagian jalan raya Purwakarta - Bandung. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam dua peristiwa tersebut. (A-4)

Baca Juga

dok.Antara

Atlet Catur Kupang-NTT Sabet Gelar Master Nasional

👤Arnoldus Dhae 🕔Kamis 23 Maret 2023, 17:51 WIB
PRESTASI yang membanggakan diraih oleh Fandi Yona Djenmakani, atlet Catur asal Kupang, NTT itu berhasil menyabet gelar Master Nasional...
dok.Antara

Program Taksi Alsintan Dorong Kemandirian Petani dan Mekanisasi Pertanian

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 23 Maret 2023, 17:41 WIB
PROGRAM Taksi Alsintan Kementerian Pertanian (Kementan) telah memberikan dampak positif bagi para petani di berbagai...
dok.ist

OMG Melatih Warga Situbondo Mengolah Pisang jadi Camilan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 23 Maret 2023, 17:37 WIB
ORANG Muda Ganjar (OMG) DPC Kabupaten Situbondo menggelar pelatihan dan pengolahan pisang bersama warga, dengan menggandeng PKK...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya