Kamis 08 Agustus 2019, 11:05 WIB

Wadah Daging Kurban Tidak Gunakan Kantong Plastik

Djoko Sardjono | Nusantara
Wadah Daging Kurban Tidak Gunakan Kantong Plastik

MI/Djoko Sardjono
Pemkab Klaten mewajibkan wadah daging kurban tidak menggunakan kantong plastik.

 

PEMERINTAH Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menghimbau masyarakat tidak menggunakan kantong plastik kresek untuk membungkus daging kurban.

"Sebagai pengganti kantong plastik, gunakan pembungkus dari bahan ramah lingkungan," kata Sekretaris Daerah Klaten, Jaka Sawaldi, Kamis (8/8).

Imbauan agar masyarakat tidak menggunakan kantong plastik kresek, juga tertuang dalam Surat Edaran Sekda No 658.1/670/25 tanggal 24 Juli 2019 Surat edaran tersebut, ditujukan kepada seluruh kepala organisasi perangkat daerah, instansi vertikal, camat, komunitas sungai, dan takmir masjid.

Melalui surat edaran, Jaka Sawaldi juga mengimbau masyarakat dan takmir masjid tidak membuang kotoran dan jerohan hewan kurban ke sungai.

"Agar tidak mencemari lingkungan, kotoran dan jerohan hewan kurban tidak dibuang di sembarang tempat. Untuk aman, dikubur," imbuhnya.

Untuk pendistribusian daging kurban, takmir masjid diimbau untuk menggunakan pembungkus selain kantong plastik yang ramah lingkungan. Sebagai penggantinya, pembungkus daging kurban bisa dengan daun pisang, daun jati, dan besek bambu atau daun pandan yang mudah terurai. Larangan penggunaan pembungkus daging kurban dari plastik kresek,
menurut Sekda Klaten, tujuannya untuk mengurangi timbunan sampah plastik.

baca juga: NTT Siapkan Kapal Angkut Wisatawan ke Mulut Seribu

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Srihadi, menambahkan tata cara penanganan daging kurban dan kotoran hewan perlu perbaikan.

"Jangan ada lagi yang membuang kotoran hewan kurban ke sungai. Agar tidak mencemari lingkungan, kotoran hewan itu ditimbun saja," ujarnya. (OL-3)

 

Baca Juga

Antara

Cari Pilot Susi Air, Polri Koordinasi dengan Selandia Baru

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:41 WIB
Polri juga meminta otoritas Selandia Baru untuk menyerahkan sepenuhnya operasi pencarian pilot pesawat Susi Air bernama Philips Max...
DOK/POLRES KLATEN

Sambut HPN 2023, Polres Klaten dan Wartawan Gelar Baksos di Pondok Yatim Putra Muhammadiyah Jatinom

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:39 WIB
Kegiatan bakti sosial dihadiri Kapolres AKB Eko Prasetyo, pejabat utama Polres Klaten, dan Ketua Bhayangkari Cabang Klaten Rina Eko...
DOK MI

Pemprov Sulteng Minta BKKBN Jadi Ujung Tombak Menangani Stunting

👤M. Taufan SP Bustan 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:22 WIB
Pemprov Sulteng mendorong Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk menjadi ujung tombak dalam penanganan stunting...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya