Jumat 02 Agustus 2019, 19:30 WIB

Jokowi Beli Sapi Seharga Rp65 Juta untuk Dikurbankan di Sulteng

M. Taufan SP Bustan | Nusantara
Jokowi Beli Sapi Seharga Rp65 Juta untuk Dikurbankan di Sulteng

MI/M. Taufan SP Bustan
SAPI KURBAN JOKOWI. Yudi Prianto ,39, memperlihatkan sapi kurban yang telah dibeli Presiden Joko Widodo di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (2/8

 

PRESIDEN RI Joko Widodo kembali membeli satu ekor sapi untuk dikurbankan warga di Provinsi Sulawesi Tengah, pada perayaan hari raya Idul Adha mendatang.

Sapi yang telah dibayar ini, dibeli Jokowi dari salah seorang peternak sapi di Jalan Jati, Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu. Pembelian ini dilakukan Jokowi, bukan kali pertama. Melainkan pembelian ini merupakan pembelian yang sudah kali ketiga dilakukan Jokowi.

Baca juga: 2.000 Peserta Pan Indo Hash Kunjungi Destinasi Wisata Fatuleu

“Sudah tiga tahun berturut-turut Pak Jokowi beli sapi di sini. Dimulai 2017 lalu. Dan pasti sebulan sebelum Idul Adha sudah dipesan,” aku penjaga peternakan Yudi Prianto ,39, kepada Media Indonesia, Jumat (2/8).

Menurutnya, sapi yang dibeli Jokowi seharga Rp65 juta dan bernama Khatulistiwa dengan berat 850 kg danbaru berusia 2 tahun 4 bulan. Yudi menyebutkan, sapi ini merupakan hasil persilangan antara sapi lokal Donggala dan sapi ongole (PO) super asal India.

“Makanya badannya besar seperti ini. Bisa dibilang juga sapi ini jenis Brahman yang memiliki tulang besar,” jelasnya.

Yudi mengaku, bahwa Jokowi sengaja memesan khusus sapi ini karena untuk dikurbankan warga di Sulteng.

“Tahun lalu pesan dikurbankan di Palu. Nah, untuk tahun ini katanya akan dikurbankan di Donggala,” jelasnya.

Yudi mengaku, tidak ada perawatan khusus untuk sapi ini. Namun, untuk cek kesehatan rutin dilakukan dan melibatkan dokter hewan dari Dinas Peternakan Sulteng.

“Hanyamakan yang harus dijaga. Untuk makanan kami berikan rumput gajah, daun jagung muda, dan ampas tahu,” imbuhnya.

Sementara itu, pemilik peternakan Safran ,52, menambahkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan dua ekor sapi dengan jenis yang sama untuk dikurbankan pada 2020 dan 2021.

Ia pun berharap, menjelang Idul Adha 2020 dan 2021, Jokowi kembali memesan sapi miliknya.

“Semoga saja Jokowi kembali membeli sapi kami. Karena kami target sampai 2020 dan 2021 sapi yang sudah kami siapkan ini mencapai bobot 1 ton lebih,” tandas Safran.

Baca juga: Sebagian Wilayah di Jateng Terancam Kekeringan Ekstrem

Diketahui, peternakan milik Safran telah beroperasi sejak 2010 lalu, di mana sejak tahun itu hingga saat ini sapi hasil peternakannya selalu menjadi incaran sejumlah pihak.

Selain Jokowi, Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, juga selalu memesan untuk kurban. Tidak hanya itu, sejumlah dinas seperti Dinas Peternakan dan instansi pemerintahan lainnya juga sering memesan. (OL-6)

Baca Juga

 MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE

Imunisasi Polio Tahap II di Pidie Dimulai 30 Januari

👤Amiruddin A.R 🕔Kamis 02 Februari 2023, 09:05 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, semakin gencar melakukan imunisasi polio terhadap anak-anak di seluruh kawasan...
dok.Ist

PAPDESI Gelar Musyawarah Daerah di Kabupaten Karawang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 08:30 WIB
PERKUMPULAN Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) menggelar kegiatan Musyawarah Daerah bersama ratusan kepala daerah di...
MI/HO

Tanggani Inflasi, Pemkab Mubar Bakal Gelar Pasar Murah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 07:55 WIB
PEMKAB Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara terus melakukan terobosan dalam penanganan inflasi daerah di awal 2023. Salah satunya ialah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya