Kamis 01 Agustus 2019, 18:08 WIB

Kebakaran Lahan Kian Meluas, Pembakar Lahan Ditangkap

Solmi | Nusantara
Kebakaran Lahan Kian Meluas, Pembakar Lahan Ditangkap

MI/DWI APRIANI
Kebakaran lahan dan hutan rentan terjadi di Sumatra Selatan pada musim kemarau.

 

KEBAKARAN lahan dan kawasan hutan di Provinsi Jambi terus meluas.  Ironisnya, di saat berjibaku melakukan pemadaman dan pencegahan, Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan Jambi masih menemukan ada oknum masyarakat sengaja membakar lahan untuk membuka lahan usaha pertanian.

Komandan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Jambi, Kol Arh Elphis Rudy, kepada wartawan di Jambi, Kamis (1/8), luasan areal terbakar di Jambi sampai akhir Juli 2019, mencapai sekitar 170 hektare.

Sebagian lokasi yang terbakar sudah berhasil dipadamkan, terutama di lahan berjenis tanah mineral. Sementara kebakaran lahan gambut, seperti di Kecamatan Kumpehulu, Kabuaten Muarojambi dan Kabupaten Tanjungjabung Timur yang terpanggang pada Sabtu akhir pekan lalu, sampai saat ini masih dalam penanganan pemadaman dan pendinginan.

Elphis membenarkan, anggota timnya Rabu (31/7), menangkap tangan seorang oknum warga membakar lahan dengan sengaja, di Kabupaten Sarolangun. 

Sewaktu diperiksa anggota, pelaku warga yang tercatat asal Kabupaten Batanghari mengaku membakar lahan untuk membuka perkebunan. Tim sudah menahan menetapkan pelaku sebagai tersangka, dan proses hukum akan ditindaklanjuti penegak hukum Polda Jambi.

Baca juga: Cegah Karhutla Pembasahan Lahan Gambut Diintensifkan

Sementara itu kebakaran lahan gambut di Kabupaten Muarojambi, terus bertambah dan sebagian belum bisa dipadamkan. 

Dalam rapat koordinasi di Kantor Bupati Muarojambi, Kamis (1/8), Kepala BPBD Muarojambi Muazakir melaporkan luas areal terbakar sudah menembus 70 hektare lebih.

Menurut Muzakir jumlah titik api saat ini terdeteksi 39 titik, terkosentrasi di Kecamatan Kumpehulu yang dominan bertanah gambut. Tim Satgas Karhutla saat ini, masih berjibaku melakukan pemadaman total di lokasi kebakaran yang kedalaman gambutnya mencapai tujuh meter.

Sementara itu, berdasakan rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulthan Thaha Jambi, jumlah titik panas (hotspot) di Jambi Kamis ini sebanyak 53 titik. 

Terbanyak di Kabupaten Muarojambi (39 titik), Batanghari (9 titik), Tanjungjabung Barat (2 titik) dan sisanya terdeteksi di Kabupaten Tebo, Sarolangun dan Kabupaten Bungo. (A-4)

Baca Juga

Antara/Adiwinata Solihin

Lapas Kendari Berdayakan Narapidana untuk Kembangkan Pertanian Hidroponik

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:26 WIB
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kendari, Sulawesi Tenggara, memberdayakan narapidana dalam pengembangan pertanian tanaman...
MI/Dwi Apriani

Panglima TNI Tinjau Pelaksanaan Latihan Puncak Super Garuda Shield

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:23 WIB
PANGLIMA TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Panglima Komando Indo Pasifik Admiral John C Aquilino meninjau pelaksanaan latihan puncak...
dok.ist

Ganjar Didoakan Ribuan Santri di Pemekasan untuk Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:20 WIB
TAK kurang dari 2.000 santri yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar Jawa Timur ikut serta dalam gebyar salawat dan doa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya