Rabu 17 Juli 2019, 17:29 WIB

Banyak Ciptakan Pengangguran, Emil Wacanakan Bubarkan SMK

Bayu Anggoro | Nusantara
Banyak Ciptakan Pengangguran, Emil Wacanakan Bubarkan SMK

MI/Bayu Anggoro
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

 

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) akan mengevaluasi jurusan SMK yang ada di wilayahnya. Hal tersebut dilakukan karena selama ini lulusan sekolah vokasional tersebut tidak banyak yang terserap dunia kerja.

Emil mengatakan, SMK menjadi penyumbang pengangguran terbesar khususnya di Jawa Barat. "Secara statistik, SMK jadi penyumbang pengangguran terbesar," kata Emil di Bandung, Rabu (17/7).

Baca juga: Gubernur Pastikan Tidak Ada SMK di Babel Ditutup

Menurutnya, hal ini terjadi karena keberadaan SMK di Tanah Air tidak mengikuti perkembangan zaman. Padahal, seharusnya jurusan yang ada di sekolah tersebut menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

"SMK harus sesuai dengan arah ekonomi baru. Kalau ekonominya makin ke kanan, makin digital, kita ekonominya ke sana," katanya.

Oleh karena itu, dia memastikan akan mereposisi SMK-SMK yang ada di wilayahnya. Bahkan, menurutnya tidak menutup kemungkinan SMK yang ada akan dibubarkan. "Apakah ada yang dibubarkan, atau direposisi," katanya.

Baca juga: Jumlah SMK akan Dikurangi, Siswa Diperbanyak

Namun, dia juga menyebut bisa saja terdapat SMK baru yang saat ini belum ada jurusannya. "Atau didirikan baru," katanya.Dengan begitu, dia berharap lulusan SMK akan semakin banyak yang terserap di dunia kerja. "Supaya keterserapannya makin tinggi. Mudah-mudahan makin ke sini pendidikan Jawa Barat makin maju," katanya. (X-15)
 

Baca Juga

MI/Surya Sriyanti

Pabrik Air Raksa Ilegal di Palangka Raya Digrebek

👤Surya Sriyanti 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:50 WIB
APARAT Subdit Tipiter Direktorat Kriminal Khusus Polda Kalteng membongkar dan menggerebek pengolahan industri rumahan pembuatan air raksa...
Antara

Program Pemuda Mandiri di Garut Bantu Modal Usaha, Ini Syaratnya

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:45 WIB
DINAS Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut menawarkan program pemuda mandiri agar mereka mampu berwirausaha. Bantuan yang diberi bagi...
MI/Surya Sriyanti

Masalah Perizinan Disoroti Saat Debat Terakhir Pilkada Kalteng

👤Surya Sriyanti 🕔Kamis 03 Desember 2020, 13:32 WIB
Dalam debat terakhir Pilkada pemilhan gubernur Kalimantan Tengah, dua paslon yang bertanding menyoroti masalah pelayanan publik dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya