Senin 15 Juli 2019, 16:45 WIB

Mufidah JK: SDA Melimpah, Kerajinan Kalteng Potensial Berkembang

Surya Sriyanti | Nusantara
Mufidah JK: SDA Melimpah, Kerajinan Kalteng Potensial Berkembang

MI/Surya Sriyanti
Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Mufidah Jusuf Kalla

 

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Mufidah Jusuf Kalla meminta agar sumber daya alam (SDA) Kalteng  yang milimpah bisa dikembangkan dan dimanfaatkan untuk peningkatan pendapatan masyarakat kecil yang bergerak di sektor kerajinan.

"Kalteng ini kaya sumber daya alam yang bisa dikembangkan seperti  anyaman rotan, batu kecubung, dan manik-manik," ujarnya saat meresmikan Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrasnasda) Provinsi Kalteng, Senin (15/7) di Palangka Raya.

Untuk diketahui, Gedung Dekrasda Kalteng yang terletak di Jalan Imam Bonjol dan merupakan jalan protokol nantinya selain digunakan sebagai  tempat untuk melakukan pameran hasil kerajinan para pengerajin Kalteng juga digunakan sebagai tempat untuk melatih dan menjual hasil kerajinan para pengerajin Kalteng.

Di bagian lain, dikatakan Mufidah, produk kerajinan Kalteng saat ini sedang berkembang karena itu diperlukan upaya nyata mendorong Usaha  Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bersaing dipasaran.

"Pengetahuan para pelaku industri kecil dan menengah ini perlu dibina dan pengembangan dalamnya agar permasalahan mereka bisa diselesaikan,'' jelasnya. "Saya bersyukur karena Dekranasda Kalteng telah bangkit dan mempunyai kantor untuk pemasaran UKM," jelasnya.

Dalam peresemian tersebut juga hadir antara lain dua istri mantan wapres yaitu Tuty Tri Sutrisno dan Herawati Boediono. Selain itu juga nampak Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya.

Semetara itu Ketua Dekranasda Kalteng Ivo Yulistra Ashari Sugianto Sabran mengatakan, Gedung Dekrasnasda Kalteng ini nantinya tidak hanya menggelar pameran hasil karya pengerajin saja namun juga digunakan untuk melatih keterampilan pengerajin termasuk memasarkan hasil produk mereka agar produk mereka dikenal luas dipasaran," katanya. (SS/OL-10)

Baca Juga

BPBD Garut.

17 Desa Terdampak Banjir dan Longsor di Kabupaten Garut

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 16:05 WIB
Desa yang terdampak banjir longsor di Kecamatan Pameungpeuk yaitu Pameungpeuk, Paas, Mandalakasih, Sirnabakti, dan Bojong...
DOK MI.

Seorang Anak di Cianjur Meninggal dengan Indikasi Suspek Difteri

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 25 September 2022, 14:45 WIB
Seorang anak warga Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meninggal dunia, dengan indikasi suspek...
DOK Tagana Pamijahan.

Jalan Utama Kecamatan Bantarkalong Menuju Culamega Tertutup Longsor

👤Kristiadi 🕔Minggu 25 September 2022, 14:30 WIB
Kepala Desa Pamijahan, Bantarkalong, Ipin Aripin, mengatakan hujan deras yang terjadi semalam menyebabkan suatu tebing longsor menimbun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya