Jumat 21 Juni 2019, 19:10 WIB

Berpotensi Jadi Produsen Besar, Gowa Punya Perkampungan Kopi

Lina Herlina | Nusantara
Berpotensi Jadi Produsen Besar, Gowa Punya Perkampungan Kopi

MI/Lina Herlina
Kampung Kopi Bawakaraeng di Desa Pallantikang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

 

KABUPATEN Gowa, Sulawesi Selatan, yang berbatasan langsung dengan Kota Makassar, ternyata punya perkampungan kopi yang didirikan oleh komunitas penikmat dan pecinta kopi di Sulawesi Selatan.

Kampung Kopi Bawakaraeng itu, berada di Desa Pallantikang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, yang dibangun oleh Yayasan Pensa (Yapensa) Global Mandiri, sekaligus sebagai wilayah pengembangan kopi lokal.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, pun sangat mengapresiasi semangat komunitas perkampungan kopi tersebut.

"Kita harus bersyukur ada organisasi yang begitu peduli kepada petani kopi kita," katanya saat meresmikan perkampungan itu.

Nurdin juga tidak lupa meminta seluruh stakeholder mendukung petani kopi untuk menyediakan kebutuhan akan kopi di berbagai negara.

"Suplai kopi dunia menurun, sedangkan kebutuhan kopi meningkat. Makanya akan jadi apa kita nanti kalau sudah tidak ada yang mau menjadi petani kopi," serunya.


Baca juga: Padang Ranah Budaya Minangkabau Menuju Warisan Dunia


Sementara Direktur Yapensa Global Mandiri Hermansyah Gafur mengatakan, jika organisasinya merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang konsen pada pengembangan masyarakat  yang berwawasan global secara berkelanjutan.

"Sekitar tiga tahun pihaknya telah mengembangkan budidaya kopi di Sulsel bagian Selatan. Salah satunya dari 2013 telah berinisiasi mengembangkan kopi ini di kawasan Bawakaraeng ini, yang lahir karena melihat potensi kopi perkebunan hanya melirik daerah utara saja, sedangkan daerah selatan jarang dilirik, padahal kualitas kopinya juga sangat bagus,” urai Hermansyah.

Ia pun mengaku bersyukur, karena kegiatan itu mendapatkan respons dan dukungan dari pemerintah kabupaten hingga pemerintah provinsi.

Sebagai langkah dalam mengembangkan hasil kopi di wilayah Kabupaten Gowa, pihaknya telah melakukan pembinaan secara intensif dengan konsen memberikan edukasi kepada para petani. (OL-1)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Teknologi Dipadu Budidaya Magot untuk Solusi Sampah

👤Lilik Darmawan 🕔Minggu 29 November 2020, 09:36 WIB
Magot atau belatung dapat dibudidayakan menjadi magot dewasa untuk pakan ternak atau dilanjutkan jadi lalat hitam atau black soldier fly...
Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Barito Kuala Bagian Pengembangan Food Estate

👤Denny Susanto 🕔Minggu 29 November 2020, 09:30 WIB
Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan menjadi bagian program pengembangan ketahanan pangan (food estate) yang tengah dijalankan...
Ilustrasi

Komunitas Biara Kkottongaen di Mabar Terpapar Covid-19

👤John Lewar 🕔Minggu 29 November 2020, 09:23 WIB
Komunitas biara Suster Bruder KKottongaen Indonesia di Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT ada yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya