Jumat 07 Juni 2019, 06:30 WIB

Wisata Kaliurang Diserbu Pelancong

Patricia Vicka | Nusantara
  Wisata Kaliurang Diserbu Pelancong

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko.
Pelaku UMKM menjajakan produk dari bahan organik saat acara Pasar Seton atau Pasar Sabtu di Kedai Animalika, Jl Kaliurang, Sleman

 

SATU  hari usai Lebaran kawasan wisata Kaliurang di Lereng Merapi, Kabupaten Sleman mulai diserbu wisatawan. Kepadatan kendaraan wisatawan nampak terlihat di gerbang pintu masuk kawasan Kaliurang.
 
Antrian kendaraan roda empat terlihat mengular hingga beberapa ratus meter di pintu masuk. Mudhofir pemungut retribusi wisata Kaliurang mengatakan kepadatan kendaraan sudah terlihat sejak pagi tadi.
 
"Jam 8 pagi sudah mulai ramai," kata Mudhofir di pintu masuk Tempat wisata Kaliurang Yogyakarta, Kamis, 6 Juni 2019.

Mudhofir menjelaskan semakin siang antrian kendaraan semakin panjang. Mayoritas pengunjung yang datang menggunakan roda empat dan berasal dari luar Yogyakarta seperti pelat B, E dan AA.
 "Ada juga bus-bus pariwisata," jelas Mudhofir.
 
Mudhofir melanjutkan Wisata Kaliurang memang selalu diserbu para pelancong saat liburan lebaran. Walau kini banyak bermunculan lokasi wisata baru, wisata di kaki gunung Merapi ini tetap menjadi favorit para wisatawan.
 
Di dalam kawasan ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam seperti air terjun Tlogo Putri, wisata lava tour bekas letusan Merapi, dan wisata ke gua Jepang. Adapula wisata budaya seperti museum Ulen Sentalu dan the world lost castel.
 
Taman wisata ini buka Senin sampai Jumat pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Pada hari Sabtu, buka pukul 06.00 WIB dan tutup pukul 18.00 WIB. Sementara Minggu buka pukul 05.45 WIB dan tutup pukul 18.00 WIB.
 
Mudhofir melanjutkan harga tiket masuk tidak mengalami kenaikan selama lebaran. Pada hari biasa pengunjung cukup membayar lima hingga delapan ribu rupiah perorang.
 Namun ia belum bisa memberitahu jumlah pengunjung masuk hingga hari ini karena masih proses hitung.(medcom/OL-09)
 

 

Baca Juga

Ist/BP Batam

Kepala BP Batam Lantik Pejabat Struktural Badan Usaha Bandar Udara dan Pelabuhan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:34 WIB
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, pelantikan ini merupakan implementasi dari SK BP Batam Nomor 95 Tahun...
dok.ist

Sikap Petani Di Bergas Lor Curi Perhatian Ganjar

👤Haryanto 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:10 WIB
ADA peristiwa tak terduga pada Peringatan Bulan Soekarno di Bergas Lor, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, seorang petani berdiri tegak...
Ant/Mohammad Ayudha

PLTSA Putri Cempo Diuji Cobakan Hasilkan Listrik

👤Widjajadi 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:05 WIB
PROYEK Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo yang merupakan proyek pengembangan pembangkit listrik berbasis sampah di Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya