Minggu 19 Mei 2019, 22:10 WIB

Umat Buddha Denpasar Peringati Waisak dengan Melepas Burung

Arnoldus Dhae | Nusantara
Umat Buddha Denpasar Peringati Waisak dengan Melepas Burung

ANTARA
Umat Buddha di Vihara Buddha Sakyamuni, Kota Denpasar, Provinsi Bali, melepas sekitar 1.000 ekor burung

 

UMAT Buddha di Vihara Buddha Sakyamuni, Kota Denpasar, Provinsi Bali, melepas sekitar 1.000 ekor burung saat peringatan Hari Raya Waisak atau Tri Suci Waisak.

"Pelepasan 1.000 ekor burung saat Abhaya Dana merupakan simbolisasi dilepaskannya makhluk hidup ke alam liarnya yang bermakna semua makhluk hidup berhak mendapatkan kebebasan," kata Ketua Panitia Waisak di vihara tersebut, Yuvan P Gunawan, Minggu (19/5).    
Menurutnya, tradisi tersebut dilakukan dengan melepaskan burung secara simbolis untuk memberi kesempatan bagi makhluk hidup untuk mendapatkan kebebasan dan kebahagiannya.

"Secara simbolis memang yang kami lepas adalah burung. Namun sebenarnya selain burung bisa berbagai macam makhluk hidup seperti belut atau ikan ke alam liar," katanya.   


Baca juga: Pesan Persatuan dalam Perayaan Trisuci Waisak


Ketua Dayaka Sabha atau pengurus Vihara Buddha Sakyamuni, Oscar NW, mengatakan, peringatan Waisak tahun ini mengambil tema 'Mencintai Kehidupan Berbudaya Demi Menjaga Persatuan'.
 
"Tema ini menurut kami relevan dengan kondisi masyarakat saat ini yang yang masih berada dalam suasana Pemilihan Umum Presiden 2019," ujarnya.   

Dengan tema peringatan tersebut, ia berharap masyarakat secara umum dapat melepaskan rasa egoisnya masing-masing sehingga dapat menerima perbedaan guna terciptanya keharmonisan menuju persatuan.  

"Sesuai doa umat Buddha yaitu semoga semua mahkluk berbahagia dengan di dalamnya kami menjaga persatuan berbangsa sehingga dapat tercipta tolerensi," ujar Oscar. (Ant/OL-1)

 

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Pilkada, Polres Klaten Terjunkan 638 Personel Pengamanan TPS

👤Djoko Sardjono 🕔Jumat 04 Desember 2020, 06:41 WIB
Sebanyak 638 personel Polres Klaten, Jawa Tengah, akan diterjunkan untuk pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan bupati dan...
MI/Hijrah Ibrahim

835 Personel Polisi Amankan Pilkada Maluku Utara

👤Hijrah Ibrahim 🕔Jumat 04 Desember 2020, 06:13 WIB
Sebanyak 835 personel Kepolisian Daerah Maluku Utara diperbantukan ke 8 kabupaten Kota diprovinsi Maluku Utara untuk pengamanan TPS....
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bandung Risiko Tinggi, Warga Dilarang Keluar Masuk Kota

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 04 Desember 2020, 05:53 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta warga mengurangi mobilitas dengan tidak keluar maupun masuk ke wilayah Kota Bandung karena Bandung...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya