Minggu 28 April 2019, 22:15 WIB

Sambut Ramadan, Yayasan Dhammasukha Indonesia Gelar Baksos

mediaindonesia.com | Nusantara
Sambut Ramadan, Yayasan Dhammasukha Indonesia Gelar Baksos

Ist
Baksos melalui kegiatan pengobatan gratis dan sembako murah yang di gelar oleh Yayasan Dhammasukha Indonesia

 

AKSI sosial melalui kegiatan pengobatan gratis dan sembako murah yang di gelar oleh Yayasan Dhammasukha Indonesia disambut antusias ribuan warga yang bermukim di wilayah Kelurahan Pancur Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten.

Yayasan Dhammasukha Indonesia merupakan lembaga kemanusiaan yang didirikan dengan tujuan untuk berkontribusi secara positif pada masyarakat dengan cara membina anggota masyarakat yang semakin penuh welas asih, penuh rasa damai, dan sejahtera melalui pembelajaran dan mempraktikkan meditasi.

"Dengan berdasarkan budaya cinta kasih, welas asih, sukacita dan ketenang-seimbangan yang diiringi dengan kebijaksanaan mendalam, Yayasan Dhammasukha Indonesia secara rutin menyelenggarakan latihan meditasi dan kegiatan bakti sosial yang dapat membawa kegembiraan dan ketenangan bagi semua.

Kegiatan baksos dan sembako murah bagi warga Kelurahan Pancur, Kota Serang, ini adalah wujud dari kepedulian terhadap sesama manusia," ujar Ketua Yayasan Dhammasukha Indonesia, Hartono Kalam, di sela-sela kegiatan, Minggu (28/4).

Aksi sosial berupa penjualan paket sembako murah, pengobatan gratis umum dan gigi, khitanan massal, akupuntur, penyuluhan kesehatan, konsultasi psikologi, terapi prana, serta donor darah bekerja sama dengan PMI Kota Serang.

"Kami menyambut rasa antusias warga Kelurahan Pancur di sini dengan penuh kepedulian. Selain merupakan kegiatan rutin, kami ingin hadir di tengah masyarakat dengan penuh kasih guna mengingatkan pentingnya kesehatan dengan cara deteksi dini," papar Hartono.

Reda Mantovani, selaku panitia penyelenggara, mengatakan, kegiatan baksos dan pengobatan gratis ini tidak terkait dengan bendera-bendera politik dari partai tertentu. Ini murni dari Yayasan Dhammasukha Indonesia untuk kemanusiaan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.


Baca juga: Bencana Longsor di Pesisir Barat Tewaskan Enam Orang

 

"Makanya kegiatan ini kami gelar sesudah hajatan pemilu, untuk meyakinkan masyarakat kegiatan ini  murni kemanusiaan yang rutin digelar setiap tiga bulan sekali dan berpindah-pindah lokasi se-Jabodetabek.

Tapi untuk kali ini di Kelurahan Pancur, Kota Serang, Banten, dengan mengandeng Grup 1 Kopassus Serang dan Polri dan dihadiri oleh Wali Kota Serang Syafruddin," ujar Reda.

Dikatakan Reda, pihaknya menyiapkan 2.500 paket sembako murah dan yang dibayar cukup seharga Rp10.000.

"Panitia menyiapkan 2.500 paket sembako murah senilai Rp100.000=yang berisi 5 kg beras, sirup, kerupuk, gula, minyak goreng, tapi warga cukup membayar Rp10.000,-. Dan hasil penjualan tersebut kami kembalikan lagi ke warga dalam bentuk pembangunan sarana umum," terang Reda.

Antusias warga sangat senang dengan adanya baksos dan pengobatan gratis. Watini, 54, salah satu penerima manfaat sembako gratis dari acara tersebut, menyatakan berterima kasih atas bantuan tersebut.

"Selain mendapatkan sembako murah saya juga bisa melakukan cek dan pengobatan gratis dari panitia. Dengan pengobatan saya bisa menyambut bulan suci Ramadan dengan sehat. Semoga dibalas oleh Allah SWT," ujar Watini dengan wajah semringah.

Camat Taktakan, UM Rochmat Hidayat, sangat berharap kegiatan yang dilakukan Yayasan Dhammasukha Indonesia tidak hanya menjelang bulan suci Ramadan mengingat kegiatan sembako murah dan pengobatan gratis sangat jelas bermanfaat bagi warga Keluarahan Pancur, Kecamatan Taktakan.

"Saya berharap apa yang dilakukan Yayasan Dhammasukha Indonesia dalam membantu masyarakat kami dapat diikuti oleh komunitas atau lembaga lain dan kami siap memfasilitasi," kata Rochmat didampingi Lurah Pancur Mahzi. (RO/OL-9)

 

Baca Juga

MI/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi ke Kalimantan Utara, Tanam Mangrove hingga Tinjau Vaksinasi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 09:08 WIB
Di Desa Bebatu, Kabupaten Tana Tidung, Jokowi diagendakan melakukan penanaman pohon mangrove bersama para duta besar, penggiat lingkungan,...
MI/Palce Amalo

Epidemiolog: Warga NTT Jangan Terlena Penurunan Kasus Covid-19

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 09:05 WIB
EPIDEMIOLOG dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, NTT Dr. Pius Weraman mengingatkan masyarakat untuk tidak terlena dengan...
MI/Denny Susanto

Melihat Kampung Anggrek di Desa Liyu di Kaki Pegunungan Meratus

👤Denny Susanto 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 08:45 WIB
Hampir semua warga Desa Liyu memiliki kebun anggrek yang ada di halaman depan maupun belakang rumah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya