Senin 22 April 2019, 15:29 WIB

Satgas Pangan Siap Tindak Para Spekulan

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Satgas Pangan Siap Tindak Para Spekulan

MI/Dwi Apriani
Satgas Pangan mengingatkan agar para distributor tidak boleh menaikkan harga pangan seenaknya.

 

KETUA Satgas Pangan Provinsi Bangka Belitung, Ajun Komisaris Besar Indra Krismayadi menegaskan akan mengambil tindakan, jika ada pedagang atau distributor yang berani menimbun dan menaikkan harga seenaknya.

"Kalau ada ulah spekulan nakal, kita langsung saja proses. Jangan pernah ada pedagang atau distributor yang menimbun atau seenaknya menaikkan harga," kata Indra Krismayadi dalam rakor bersama di Hotel Bangka City, Senin (22/4).

Satgas Pangan akan turun langsung bersama satgas pangan di kabupaten/kota untuk memantau harga dan memanggil apabila ada kenaikan harga.

"Memang ada beberapa pihak kita panggil. Sifatnya persuasif, kita cari tahu duduk persoalannya dan solusinya," imbuhnya.

Ia meminta, agar para pedagang, baik distributor hingga pengecer untuk tidak berpikir memperkaya diri sendiri, dengan memanfaatkan kesempatan momentum hari besar keagamaan untuk menaikkan harga.

"Jangan karena ada ruwahan ayam dinaikkan, kalau ada kita panggil, pucat nanti dia, karena ganti baju orange. Jadi tersangka dia jadi stres. Lebih baik baju biasa, jual harga biasa," ingatnya.

baca juga: Bawang Putih Langka, Harga Naik Jadi Rp70 Ribu per Kg

Indra juga mengharapkan tidak ada pelaku pasar yang akan diperiksa oleh Satgas Pangan Indra menegaskan bahwa kenaikan harga harus betul-betul diantisipasi supaya tidak dikuasai spekulan dan broker.

"Kami sudah perintahkan Kasat Reskrim Kabupaten/Kota untuk menindaklanjuti dan memanggil pelaku pasar dan stakeholder," tegasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/DWI APRIANI

Pertahankan WTP 11 Kali Berturut-turut, Ogan Komering Ilir Tingkatkan Performa Birokrasi

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 19 Mei 2022, 19:20 WIB
Pemkab OKI juga memperoleh predikat B atas evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dari Kementerian...
Dok pribadi

Tokoh Adat Sambut Ayep Kembangkan Ekosistem Pertanian di Keerom

👤Media Indonesia 🕔Kamis 19 Mei 2022, 19:15 WIB
PROGRAM budi daya pertanian yang dilakukan penggiat ekonomi kerakyatan Ayep Zaki terus berkembang ke berbagai...
DOK MI

Pemprov Sumsel Bentuk Satgas dan Pantau Lalu Lintas Distribusi Sapi

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 19 Mei 2022, 19:08 WIB
ADANYA 16 kasus temuan sapi terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) membuat Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bergerak cepat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya