Rabu 27 Februari 2019, 15:35 WIB

Angkasa Pura I Beri Pelatihan Warga Terdampak Bandara NYIA

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Angkasa Pura I Beri Pelatihan Warga Terdampak Bandara NYIA

MI/ARDI

 

PEMBANGUNAN Bandara Baru Internasional Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport-NYIA) terus berlanjut. Sampai dengan saat ini, progress pembangunan mencapai 71,6% dengan target international operation pada April mendatang. 

PT Angkasa Pura I (Persero) pun terus berkomitmen menyelenggarakan pelatihan melalui program CSR bagi warga yang terdampak pembangunan bandara di Kulon Progo, salah satunya pelatihan Baggage Towing Tractor.

Direktur SDM dan Umum PT Angkasa Pura I (Persero), Adi Nugroho, Rabu (27/2), menjelaskan, pelatihan telah dilaksanakan mulai tanggal 21 Januari sampai dengan 27 Februari 2019. 

Pelatihan tersebut Diikuti oleh total 40 orang peserta yang terbagi dalam 2 (dua) batch, pelatihan tersebut mengakomodasi kebutuhan lima desa di lingkungan pembangunan NYIA, di Kecamatan Temon, yaitu Desa Glagah, Palihan, Sindutan, Jangkaran dan Kebonrejo.

"Pelatihan ini bukti kita memikirkan yang terdampak pembangunan bandara supaya mereka bisa ikutan bekerja di lingkungan bandara," terang Adi di Ruang Rapat Yudhistira Kantor Cabang Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Pelaksanaan Pelatihan menjadi bagian program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Angkasa Pura I (Persero) dalam mengawal proses pembangunan Bandara Baru Internasional Yogyakarta (NYIA) yang bekerjasama dengan PT Cardig Aero Services Tbk (CAS Group) bersama anak usahanya seperti JAS Airport Services dan JAS Aero Engineering.

Baggage Towing Tractor merupakan alat untuk menarik pallet dollies, container dollies, dan kendaraan yang membawa kargo serta bagasi penumpang. Peserta mendapatkan instruktur pelatihan dari JAS Learning Centre yang sudah berpengalaman serta berlisensi.

Adi menyebut, kebutuhan tenaga di bandara sangat banyak, sekitar 2 ribuan. Selain pelatihan tersebut, pihaknya juga telah melakukan bebagai pelatihan, seperti kelistrikan, las, keramik, hingga katering.

 

Baca juga: Jangan Ada Tambak di Sekitar Area Bandara NYIA

 

General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta selaku Juru Bicara Proyek Pembangunan Bandara Baru Internasional Yogyakarta (NYIA), Agus Pandu Purnama menyampaikan, melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta teredukasi dengan pengetahuan dan keahlian (skill) yang diperlukan. Tujuannya untuk nantinya dapat menangkap peluang bekerja di lingkungan Bandara sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

"Seluruh peserta juga telah mengikuti Ujian Negara pada tanggal 24-25 Februari 2019 yang terdiri dari Ujian Teori dan Ujian Praktek. Semoga dapat memberikan manfaat bagi seluruh warga dalam mempersiapkan diri terhadap persaingan kerja ke depan," jelas Pandu.

Dalam kesempatan tersebut turut pula hadir Chief of Corporate Affairs Oficer & Corporate Secretary PT Cardig Aero Services Tbk (CAS Group), Widyanawati D. Adiningrat bersama dengan Head of Corporate Communication & Investor Relation, Andre Suntono, esecara resmi menutup pelatihan tersebut. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

Menteri PUPR Minta Perbaikan Tol Trans Sumatera Tuntas Akhir April

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 12:40 WIB
Beberapa segmen jalan harus dilakukan rekondisi dan rekonstruksi, termasuk levelling oprit jembatan yang mengalami penurunan karena berada...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

BMKG: Sulut Diguncang Gempa dengan Magnitudo 6,1

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:15 WIB
Dalam informasi yang diterima dari BMKG di Jakarta, Sabtu, lokasi gempa berada di 3.67 lintang utara dan 126.82 bujur...
DOK Pribadi.

Wapres PNLG Tunjukkan Pengelolaan Kawasan Pesisir Jelang Pertemuan Oktober

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 08:58 WIB
Sejumlah keberhasilan itu tampak pada program pembangunan rumah untuk keluarga nelayan di daerah itu, termasuk bantuan perahu hingga jaring...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya