Rabu 27 Februari 2019, 09:45 WIB

Distribusi Logistik Pemilu belum Optimal

PALCE AMALO | Nusantara
Distribusi Logistik Pemilu belum Optimal

ANTARA/Seno

 

DISTRIBUSI logistik untuk Pemilu 2019 di beberapa daerah dirasakan tidak optimal. Petugas KPU di daerah menemukan tidak sedikit logistik yang rusak dan kurang jumlahnya. Seperti disampaikan Ketua KPU Nusa Tenggara Timur (NTT) Thomas Dohu, kotak suara yang selesai dirakit berjumlah 76.459 buah, tetapi 149 buah di antaranya rusak dan cacat sehingga tidak bisa digunakan. Selain itu, seluruh KPU kota dan kabupaten di NTT masih kekurangan kotak suara.

Dari data yang dikeluarkan KPU Kota Kupang, kemarin, KPU masih kekurangan 2.001 kotak suara. "Kekurangan tersebut sudah disampaikan kepada KPU dan segera diganti dengan kotak yang baru. Dalam beberapa hari ke depan," kata Thomas Dohu. NTT membutuhkan 29.412 kotak suara, sedangkan kotak yang sudah tiba baru 25.979 buah sehingga masih kurang 3.607 buah. Selain itu, ungkapnya, logistik yang masih kurang ialah bilik suara dan tinta. Sebanyak 174 bilik yang sudah ada dalam kondisi rusak. "Kami sudah minta penambahan bilik ke KPU dan juga mengganti bilik yang rusak," ujarnya.

Begitu juga tinta, masih kurang 230 botol. Dari kebutuhan 29.958 botol KPU sudah menerima 29.742 buah, sedangkan tinta yang rusak berjumlah 16 botol. Kerusakan logistik juga disampaikan KPU Provinsi Sulawesi Selatan, kemarin. Disebutkan ada ratusan kotak suara Pemilu 2019 yang terbuat dari kardus duplex mengalami kerusakan dan tidak layak pakai.

Menurut Koordinator Divisi Perencanaan, Keuangan, dan Logistik KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi, ratusan kerusakan itu terjadi di 19 kabupaten/kota karena lima lainnya belum melaporkan. Lima KPU yang belum melaporkan itu, Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Jeneponto, Soppeng, dan Kepulauan Selayar.

"Jika ditotal, ada 468 kotak suara yang rusak. Kondisi itu sudah dilaporkan kepada KPU RI, untuk segera ditindaklanjuti. Mungkin akan bertambah karena Makassar dan Gowa belum rampung. Jeneponto, Soppeng, dan Selayar sudah, tapi belum dilaporkan," urai Syarifuddin.

Sementara itu, KPU Provinsi Kepri telah menerima 10 ribu lembar surat suara untuk pilpres, calon anggota DPR RI, calon anggota DPD RI, dan calon anggota DPRD Provinsi Kepri daerah pemilihan (dapil) 1 sampai dengan 7. Devisi Program dan Data KPU Provinsi Kepri, Priyo Handoko, menjelaskan 10 ribu lembar surat suara itu disimpan di Kantor Sekretariat KPU Provinsi Kepri sebagai antisipasi untuk pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2019. PSU bisa terjadi pada kondisi yang tidak diinginkan seperti terjadi bencana alam.

Jadwal molor

Kendala lain terhadap distribusi logistik kemarin juga ditandai dengan molornya jadwal pengiriman surat suara untuk KPU Banyumas, Jawa Tengah. Hingga kini, KPU Banyumas belum menerima surat suara baik pilpres, pileg, maupun pemilihan DPD. Padahal, sesuai jadwal, Banyumas bakal menerima kiriman surat suara antara 22-24 Februari.

Komisioner KPU Banyumas Hanan Wiyoko mengakui kalau pengiriman surat suara ke Banyumas molor dari jadwal yang telah ditetapkan. "Hingga hari ini, kami belum menerima. KPU Banyumas tidak tahu apa alasannya," jelas Hanan. Menurutnya, KPU Banyumas sifatnya hanya menunggu kiriman dari percetakan. Meski telah molor, pihaknya juga belum mengetahui jadwal pengiriman yang baru. (LN/LD/HK/N-1)

Baca Juga

ANTARA/Fransisco Carolio

Titik Api Bertambah 10 Kali Lipat, Sumut Siaga Karhutla

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 23:25 WIB
Sumut memiliki wilayah yang rentan mengalami karhutla karena memiliki 3,7 juta ha lahan hutan dan 261 ha lahan...
MI/Kristiadi

Komunitas Mak Ganjar Garut Berdoa Memohon Kemajuan Bangsa

👤Adi Kristiadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:28 WIB
RATUSAN Ibu-Ibu bergabung ke dalam komunitas relawan Mak Ganjar untuk mengikuti acara Zikir dan Do'a Bersama untuk Kemajuan Bangsa di...
dok.ist

Perempuan Milenial Sumsel Ajak Pilih Figur yang Terbukti Memajukan Perempuan

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:15 WIB
UPAYA konsolidasi dukungan untuk Ganjar Pranowo ini digelar dalam acara  healty fun day di Gedung Graha Bandara Insani, Talang Jambe,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya