Selasa 26 Februari 2019, 14:20 WIB

Bupati Sri Mulyani Buka Kegiatan TMMD Sengkuyung I di Klaten

Djoko Sardjono | Nusantara
Bupati Sri Mulyani Buka Kegiatan TMMD Sengkuyung I di Klaten

MI/Djoko Sardjono

 

BUPATI Klaten, Sri Mulyani, membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun anggaran 2019 di Desa Tijayan, Kecamatan Manisrenggo, Selasa (26/2).

Upacara pembukaan TMMD berlangsung di Lapangan Kecemen, dan dihadiri Sekda Jaka Sawaldi, Dandim 0723 Klaten Lekol (Inf) Eko Setyawan, Kajari Ferri Mupahir, dan para pejabat Pemkab Klaten.

Perwira Pelaksana TMMD, Kapten Cpl Tri Joko, melaporkan kegiatan TMMD di Desa Tijayan dengan sasaran yang meliputi fisik dan nonfisik. Untuk kegiatan fisik betonisasi jalan 600 meter, perbaikan talut 600 meter, rehap rumah 10 unit, jamban keluarga lima unit, dan perbaikan satu tempat ibadah.

Manfaat proyek yang digarap TMMD mulai 27 Februari hingga 29 Maret 2019, adalah untuk memperlancar transportasi, meningkatkan perekonomian, membuka akses jalan pertanian, dan menumbuhkan semangat gotong royong masyarakat.

Sementara kegiatan nonfisik yang dilakukan, antara lain penyuluhan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara, narkoba, radikalisme, kamtibmas, keselamatan kerja, dan perlindungan anak dari kekerasan lingkungan.

 

Baca juga: Program TMMD Bangun 13 RTLH di Tasikmalaya

 

Sumber dana untuk mendukung kegiatan TMMD Sengkuyung tahap I tahun ini dari APBD Provinsi Rp265 juta, APBD Kabupaten Rp305 juta, dan swadaya masyakat Rp20 juta. Total sebesar Rp570 juta.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Sri Mulyani mengatakan, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta pemerintah pusat dan daerah melalui TMMD, menjadi kekuatan yang luar biasa untuk memajukan, menggali, dan mendayagunakan potensi desa.

"Melalui TMMD ini, mari kita gelorakan lagi semangat kebersamaan serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat. Selain itu, melalui TMMD kita mantapkan kerukunan antarumat  beragama untuk mencegah konflik SARA, radikalisme, intoleransi, dan terorisme," ujarnya.

Dalam pembukaan TMMD juga diadakan kegiatan khusus, seperti bazar murah, pelayanan KB, pengobatan gratis, pelayanan KTP, serta pelayanan SIM dan STNK. 

Selain itu, Bupati Sri Mulyani menyerahkan 385 KTP percepatan pencetakan KTP elektronik kepada warga 16 desa di Kecamatan Manisrenggo yang diwakili masing-masing kepala desanya. (OL-3)

Baca Juga

Dok Polda Banten

Kapolda Banten Tinjau Vaksinasi Massal Pelajar Serentak

👤RO/Micom 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:16 WIB
Vaksinasi untuk mengejar herb...
DOK/YELLO HOTEL

YELLO Hotel Paskal Bandung dan Angin Photoschool Gelar Pelatihan Food Photography

👤Media Indonesia 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:15 WIB
Food Photography menjadi keahlian yang sangat dibutuhkan dalam dunia kuliner, guna mempromosikan dan penyajian makanan dan...
MI/Wibowo Sangkala

PB Al Khairiyah Minta Kementerian PUPR Lebarkan Jalan Cilegon-Anyer

👤Wibowo Sangkala 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:00 WIB
RUAS Jalan Cilegon-Pasauran tepatnya di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Provinsi Banten saat ini kondisinya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya