Jumat 15 Februari 2019, 14:55 WIB

Tiga Calon Rektor UNS Bermufakat Akhiri Kompetisi 

Ferdinand | Nusantara
Tiga Calon Rektor UNS Bermufakat Akhiri Kompetisi 
 

TIGA calon rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Kota Surakarta, Jawa Tengah, bermufakat untuk mengakhiri kompetisi di antara mereka. 

Tiga calon itu, Sutarno, Jamal Wiwoho, dan Widodo Muktiyo sepakat untuk menjadikan Jamal Wiwoho sebagai calon rektor UNS periode 2019-2023. Jamal saat ini menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 

Potret ideal demokrasi Pancasila itu mendapatkan apresiasi unsur pimpinan UNS. Rektor UNS, Ravik Karsidi menyatakan, ini merupakan yang pertama kalinya terjadi sepanjang sejarah perguruan tinggi tersebut. 

"Ini yang pertama dan modus yang baik. Mudah-mudahan kedepan akan menjadi contoh bahwa UNS sudah semakin dewasa," katanya, Jumat (15/2). 

Ketua Senat UNS, Suntoro juga menyampaikan apresiasinya atas inisiatif yang dilakukan tiga calon rektor tersebut. Hal itu sesuai dengan tata tertib pemilihan rektor dan unsur pimpinan di UNS. 

Dalam Peraturan Senat Universitas Sebelas Maret Nomor 01/UN27.37/HK/2018 tentang Tata Cara Pemilihan Rektor Periode 2019-2023 pasal 11 ayat 1 disebutkan, pemilihan rektor diharapkan lebih mengutamakan musyawarah untuk mufakat, dalam hal tidak tercapai mufakat dapat dilakukan dengan pemungutan suara. 

"Ini bagus, karena tugas UNS kedepan dalam rangka menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) memerlukan suasana kondusif dan kerja sama semua pihak dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya," katanya. 

 

Baca juga: Senat Tetapkan Tiga Nama Calon Rektor UNS

 

Kendati tiga calon rektor telah mencapai mufakat, namun tahapan suksesi pucuk pimpinan UNS belum selesai. Ketua Panitia Pemilihan Rektor, Sahid Teguh Widodo mengatakan, masih ada satu tahapan lagi yang harus dilalui. Yaitu, proses pemilihan dan penetapan calon rektor terpilih. 

Rapat pleno pemilihan dan penetapan calon rektor terpilih yang akan dihadiri seluruh anggota senat dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi itu dijadwalkan antara 13-30 Maret mendatang. 

"Ini kami sampaikan sekaligus untuk meluruskan adanya pemberitaan bahwa seolah-olah pemilihan rektor telah selesai. Tidak seperti itu, walau tiga calon rektor telah bermufakat, tahapan pemilihan tetap harus dilanjutkan," jelas Sahid. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA

Tanah Longsor Dominasi Bencana Di Kuningan Sepanjang November

👤Nurul Hidayah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:56 WIB
TANAH longsor mendominasi kejadian kebencanaan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sepanjang November 2021. Masyarakat diminta untuk...
DOK MI

Polres Cimahi Bekuk Tukang Bubur Ayam Pengedar Obat Psikotropika

👤Depi Gunawan 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:47 WIB
SEORANG tukang bubur ayam berinisial Aa, harus berurusan dengan aparat...
Ist

Gerakan Melawan Stunting Menyasar Warga di Jatinangor, Jabar

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:47 WIB
kader-kader PDI perjuangan dan kader-kader posyandu bersama HaloPuan memilih Kecamatan Jatinangor sebagai lokasi memulai Gerakan Melawan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya