Jumat 15 Februari 2019, 14:55 WIB

Tiga Calon Rektor UNS Bermufakat Akhiri Kompetisi 

Ferdinand | Nusantara
Tiga Calon Rektor UNS Bermufakat Akhiri Kompetisi 
 

TIGA calon rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Kota Surakarta, Jawa Tengah, bermufakat untuk mengakhiri kompetisi di antara mereka. 

Tiga calon itu, Sutarno, Jamal Wiwoho, dan Widodo Muktiyo sepakat untuk menjadikan Jamal Wiwoho sebagai calon rektor UNS periode 2019-2023. Jamal saat ini menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 

Potret ideal demokrasi Pancasila itu mendapatkan apresiasi unsur pimpinan UNS. Rektor UNS, Ravik Karsidi menyatakan, ini merupakan yang pertama kalinya terjadi sepanjang sejarah perguruan tinggi tersebut. 

"Ini yang pertama dan modus yang baik. Mudah-mudahan kedepan akan menjadi contoh bahwa UNS sudah semakin dewasa," katanya, Jumat (15/2). 

Ketua Senat UNS, Suntoro juga menyampaikan apresiasinya atas inisiatif yang dilakukan tiga calon rektor tersebut. Hal itu sesuai dengan tata tertib pemilihan rektor dan unsur pimpinan di UNS. 

Dalam Peraturan Senat Universitas Sebelas Maret Nomor 01/UN27.37/HK/2018 tentang Tata Cara Pemilihan Rektor Periode 2019-2023 pasal 11 ayat 1 disebutkan, pemilihan rektor diharapkan lebih mengutamakan musyawarah untuk mufakat, dalam hal tidak tercapai mufakat dapat dilakukan dengan pemungutan suara. 

"Ini bagus, karena tugas UNS kedepan dalam rangka menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) memerlukan suasana kondusif dan kerja sama semua pihak dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya," katanya. 

 

Baca juga: Senat Tetapkan Tiga Nama Calon Rektor UNS

 

Kendati tiga calon rektor telah mencapai mufakat, namun tahapan suksesi pucuk pimpinan UNS belum selesai. Ketua Panitia Pemilihan Rektor, Sahid Teguh Widodo mengatakan, masih ada satu tahapan lagi yang harus dilalui. Yaitu, proses pemilihan dan penetapan calon rektor terpilih. 

Rapat pleno pemilihan dan penetapan calon rektor terpilih yang akan dihadiri seluruh anggota senat dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi itu dijadwalkan antara 13-30 Maret mendatang. 

"Ini kami sampaikan sekaligus untuk meluruskan adanya pemberitaan bahwa seolah-olah pemilihan rektor telah selesai. Tidak seperti itu, walau tiga calon rektor telah bermufakat, tahapan pemilihan tetap harus dilanjutkan," jelas Sahid. (OL-3)

Baca Juga

Antara

Nahdliyin Kini Miliki Media Sosial NUCHAT

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 21:00 WIB
Ketua Umum PBNU Kiai Said Aqil Siradj mengatakan hadirnya aplikasi tersebut menjadikan tolok ukur kemajuan bagi NU di tengah era serba...
MI/Dwi Apriani

BPJamsostek Sumbagsel Dampingi Atlet yang Cidera saat PON XX Papua

👤Dwi Apriani 🕔Senin 25 Oktober 2021, 20:40 WIB
Deputi Direktur Wilayah BPJamsostek Kanwil Sumbagsel, Surya Rizal menjelaskan pihaknya akan proaktif menjalin koordinasi dan melakukan...
MI/CRI CANON RIA DEWI

Dua Kandidat Berebut Kursi Ketua Demokrat Lampung

👤Cri Canon Ria Dewi 🕔Senin 25 Oktober 2021, 20:30 WIB
 M Ridho Ficardo, mantan Gubernur Lampung akan bersaing dengan Edi Irawan Arif, adik kandung Andy...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Proyek Strategis Terus Melaju

Pemerintah perlu melakukan berbagai langkah extraordinary agar realisasi PSN dapat berjalan lebih maksimal.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya