Selasa 22 Januari 2019, 02:45 WIB

Jalur Wilayah Aceh Tengah Ambles

.(MR/N-1) | Nusantara
Jalur Wilayah Aceh Tengah Ambles

MI/ Ferdian
.

 

DALAM dua hari terakhir (sejak Minggu 20/1), jalur Bireuen, Kabupaten Bireuen-Takengon, Kabupaten Aceh Tengah ambles ke jurang tepatnya di kawasan Desa Desa Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Akibatnya, arus lalu lintas dari dan kedua arah terganggu.

Pasalnya dalam beberapa hari terakhir di kawasan setempat sering diguyur hujan lebat sehingga pada Minggu siang sekitar pukul 14.30 WIB badan jalan di lereng perbukitan itu ambles. Di lokasi, telah dipasang rambu-rambu supaya pengendara tidak terperosok ke jurang.

Jalur kawasan tengah itu juga yang menghubungkan antara kabupaten/kota di pesisir Selat Malaka termasuk Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh dengan kabupaten di wilayah tengah dan tenggara Aceh. Sedikitnya ada Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tenggah, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara yang menggunakan akses jalan tersebut.

Oleh sebab itu, arus transportasi dari dan kedua arah tersebut tidak lancar dan puluhan kendaraan berbadan lebar harus balik arah. Sebagian truk barang dan mobil penumpang harus mencari jalur alternatif lain melalui perkampungan.

“Putus total badan jalan sekitar 10 meter. Untuk sampai di tujuan, memang harus melewati jalur kecil melalui perkampungan warga,” kata Abdullah, pengemudi minibus dari Bireuen ke Aceh Tengah.

Pemerintah diharapkan dapat segera menangani kerusakan tersebut. Apalagi lokasi itu merupakan jalur utama untuk mengangkut berbagai barang kebutuhan pokok ke dataran tinggi Gayo yang meliputi Bener Meriah, Aceh Tengah, dan Gayo Lues. Kemudian berbagai hasil bumi dari dataran tinggi itu diangkut ke daerah lain di Aceh dan ke luar daerah. “Ini jalur utama untuk mengangkut kopi gayo, pokat, dan berbagai sayuran lainnya.(MR/N-1)

Baca Juga

Metrotv/Fransiskus Gerardus Molo

Sambut HUT RI, Rutan Larantuka Gelar Pekan Olahraga dan Seni

👤Fransiskus Gerardus Molo 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 07:50 WIB
"Saya harap kegiatan ini dapat menjadi ajang pengembangan bakat dan minat dalam bidang seni dan olahraga bagi warga...
dok.ist

Sandiaga Uno Ajak Warga Jember Jadi Pengusaha Kopi dan Cokelat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 06:05 WIB
MENPAREKRAF Sandiaga Uno menghadiri pelatihan barista kopi dan cokelat di Jember, Jawa Timur yang diikuti ratusan...
dok.ist

Kementan Pacu Regenerasi Petani di Kalimantan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 05:50 WIB
PEMERINTAH melalui Kementerian Pertanian RI terus berupaya mewujudkan regenerasi petani serta melahirkan wirausaha milenial di sektor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya