Selasa 11 September 2018, 16:50 WIB

Peringati 1 Muharram, Ribuan Santri Karnaval Berkostum Limbah Sampah 

Heri Susetyo | Nusantara
Peringati 1 Muharram, Ribuan Santri Karnaval Berkostum Limbah Sampah 

Ilustrasi/ANTARA FOTO/Zabur Karuru

 

RIBUAN santri di Kabupaten Sidoarjo memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1440 hijriah dengan Pawai Ta'aruf Carnival, Selasa (11/9). Uniknya, kostum yang dikenakan ini berbahan baku limbah sampah bekasatau berbahan ramah lingkungan. 

Sedikitnya ada delapan ribu santri dari lembaga pendidikan berbasis pesantren mengikuti Pawai Ta'aruf Carnival memperingati Tahun Baru Islam ini. 

Berbagai kostum unik mereka tampilkan dalam kegiatan yang juga dilombakan tersebut. Semua kostum yang dikenakan dalam karnaval ini adalah hasil kreativitas siswa dan guru. Namun uniknya semua kostum tersebut berbahan baku limbah sampah bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

Kostum yang diciptakan para santri ini di antaranya berbentuk robot, ogoh-ogoh, kostum adat, pewayangan, bajak laut hingga aneka kostum kesenian. Bahan baku limbah sampah yang dipakai para santri di antaranyasampah plastik, daun, kertas, kardus, kain hingga batang kayu yang sudah tidak terpakai.

Melalui berbagai karya kostum yang disertakan ini, panitia ingin mengajak masyarakat bisa memanfaatkan limbah sampah bekas menjadi barang yang berguna. Melalui aksi ini mereka juga ingin mengajak masyarakat untuk lebih peduli lingkungan dengan tidak membuah sampah sembarangan terutama sampah plastik.

"Kita ingin mengedukasi dan menyadarkan kepedulian masyarakatakan sampah. Jangan buang sampah sembarangan, dan mari kita memanfaatkan sampahmenjadi barang berguna," kata Mohammad Zaeni, wakil panitia acara. (OL-3)

Baca Juga

Kemenparekraf

Wisata Kepri Dibuka Agustus Sasar Turis Singapura

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 11 Mei 2021, 01:00 WIB
Kawasan wisata Bintan Resort Cakrawala di Lagoi Bintan saat ini dianggap memenuhi kriteria aman menerima turis...
Dok. Korlantas Polri

Korlantas Polri Sebut Arus Kendaraan ke Jateng dan Jatim Turun 60%

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 11 Mei 2021, 00:02 WIB
"Berdasarkan pantauan hari ini, volume arus kendaraan menuju Jawa Tengah maupun Jawa Timur turun hingga 60 persen," ucap...
DOK/POLDA KALTENG

Seribu Lebih Kendaraan Putar Balik di Perbatasan Kalteng-Kalsel

👤Surya Sriyanti 🕔Senin 10 Mei 2021, 21:10 WIB
Mereka diperintahkan untuk putar balik, karena tidak memiliki dokumen untuk bisa masuk ke Kalimantan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya