Selasa 11 September 2018, 13:05 WIB

Malam 1 Sura, Peziarah Padati Petilasan Salat Sunan Kalijaga 

Djoko Sardjono | Nusantara
Malam 1 Sura, Peziarah Padati Petilasan Salat Sunan Kalijaga 

ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

 

PETILASAN salat Sunan Kalijaga di Dukuh Sepi, DesaBarepan, Kecamatan Cawas,  Klaten, JawaTengah, dipadati para peziarah pada malem 1 Muharam 1440 Hijriah.

Selepas mahgrib, Senin (10/9), Dukuh Sepi mulai ramaipara peziarah yang datang dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur.

Petilasan salat Sunan Kalijaga di Dukuh Sepi, merupakan salah satu objek wisata religius di Klaten. Hanya saja, objek wisata ini belum dikelola pemerintah dengan baik.

Di petilasan salat Sunan Kalijaga, kata Purwanto, 40, warga Gunungkidul, peziarah melakukan doa meminta berkah dari salah satu tokoh penyebar agama Islam di Jawa tersebut.

"Setiap malem 1 Muharam atau bulan (Jawa) Sura, kami berdua istri rutin berziarah (nyepi) di Dukuh Sepi. Ya, untuk kirim doa meminta berkah dari Kanjeng Sunan Kalijaga," jelasnya.

Sementara itu, Rina, 50, warga Dukuh Sepi, mengatakan nyepi di petilasan salat Sunan Kalijaga, adalah merupakan acara tradisi leluhur yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Sayangnya, potensi objek wisata religius itu belum dikembangkan, sehingga hanya ramai dikunjungi peziarah pada malem 1 Sura. Hal ini yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah.

Pemerintah Desa Barepan, Senin (10/9), siang menggelarkirab tiga gunungan legondo, yaitu makanan khas untuk menyambut datangnya 1Muharam 1440 Hijriah. (OL-3)

Baca Juga

Antara

Banyak Lansia di Sulut Takut Divaksin

👤Ant 🕔Selasa 11 Mei 2021, 01:35 WIB
"Stok vaksin sangat cukup, cuma perlu pendekatan ekstra untuk para lansia karena banyak yang masih takut divaksin Covid-19,"...
Kemenparekraf

Wisata Kepri Dibuka Agustus Sasar Turis Singapura

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 11 Mei 2021, 01:00 WIB
Kawasan wisata Bintan Resort Cakrawala di Lagoi Bintan saat ini dianggap memenuhi kriteria aman menerima turis...
Dok. Korlantas Polri

Korlantas Polri Sebut Arus Kendaraan ke Jateng dan Jatim Turun 60%

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 11 Mei 2021, 00:02 WIB
"Berdasarkan pantauan hari ini, volume arus kendaraan menuju Jawa Tengah maupun Jawa Timur turun hingga 60 persen," ucap...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya