Kamis 19 Juli 2018, 16:40 WIB

Animo Caleg Perempuan di Jateng Capai 40%

Haryanto | Nusantara
Animo Caleg Perempuan di Jateng Capai 40%

Ilustrasi--thinkstock

 

ANIMO bakal calon legeslatif (Bacaleg) DPRD Jawa Tengah calon perempuan mencapai 40%. Bahkan ada partai yang seluruh bacalegnya perempuan.

"Jadi, untuk pemilu legislatif di Jawa Tengah kali ini tidak ada yang kesulitan mencari figur perempuan," kata ketua KPU Jateng Joko Purnowo di Semarang, Kamis (19/7).

Menurutnya dari sejumlah 1.374 yang terdaftar sebagai bacaleg, untuk laki-laki sebanyak 811 dan perempuan 563 calon. Namun begitu, lanjut Joko tidak semua partai mengajukan seratus persen calon, karena ada partai yang hanya mengajukan dua calon.

Pada proses verifikasi sementara oleh KPU juga belum menemukan caleg yang merupakan eks-narapidana. Mantan narapidana termaksud adalah untuk tiga kasus yang dilarang sesuai PKPU Nomor 20 Tahun 2018. Yakni kasus korupsi, bandar narkotika, dan kejahatan seksual terhadap anak.

Meski tidak dilarang untuk menyalonkan diri sebagai caleg, bekas napi selain tiga kasus di atas, lanjut Joko, juga belum ditemukan. 

"Kami kan ceknya satu per satu surat keterangan dari pengadilannya. Jadi memang butuh waktu," sambungnya.

Hasil verifikasi akan dituliskan ke dalam surat resmi yang disampaikan kepada masing-masing parpol pengusung. Dalam durasi selama tiga hari ke depan atau tanggal 21 Juli 2018. Manakala ditemukan dokumen yang belum lengkap, akan diberikan waktu untuk merevisi sampai 31 Juli 2018.

"Setelahnya, baru kita perkenalkan daftar caleg sementara ini ke publik melalui media. Di sana, masyarakat bisa langsung menilai mereka juga," imbuhnya.

Pengenalan ini, menurut Joko, menjadi vital. Lantaran selain untuk memperkenalkan caleg-caleg terdaftar, juga dapat dilakukan pengecekan langsung. 

"Semisal ada yang sekolahnya tidak benar, kita konfirmasi ke sumber ijazah. Kalau benar adanya ada yang salah, kita langsung ke parpol. Itu kan bisa saja gagal maju," katanya. (OL-3)

Baca Juga

dok.pribadi

Politisi Muda Papua Minta Lukas Enembe Contoh Barnabas Suebu Patuh Hukum

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 18:55 WIB
POLITISI Muda Papua Haris Yoku menilai dua kali mangkirnya Gubernur Lukas Enembe ke KPK yang diduga korupsi tidak memberi contoh baik bagi...
DOK. Dekranasda Flotim

Kriya Tenun Karya Pengrajin Flores Timur Diminati Berbagai Kalangan

👤Alexander Taum 🕔Jumat 30 September 2022, 18:25 WIB
KEUNIKAN dan eksotisme kerajinan warisan leluhur Flores Timur, Nusa Tenggara Timur menarik minat pengunjung Pameran Nasional Kriyanusa yang...
DOK MI

Pemkab OKU Minta BUMDes Fokus Kembangkan Desa Wisata

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 30 September 2022, 18:11 WIB
Pemerintah Kabupaten OKU mendorong badan usaha milik desa (BUMDes) di Kecamatan Ulu Ogan untuk mengembangkan potensi wisata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya