Senin 13 April 2015, 00:00 WIB

Banjir Bandang Kepung Tiga Desa di Bojonegoro

M Yakub | Nusantara
Banjir Bandang Kepung Tiga Desa di Bojonegoro

ANTARA/Aguk Sudarmojo

 
BANJIR bandang melanda tiga desa di Kecamatan Gondang, Bojonegoro, Jawa Timur, tadi malam, setelah Kali Pacal meluap, akibat hujan deras. Sebanyak 435 rumah terendam banjir dengan ketinggian hingga 1,5 meter.

Banjir juga merendan sejumlah fasilitas umum di Desa Gondang, Senganten, dan Sambongrejo. Selain lahan pertanian, banjir juga mengepung sebuah puskesmas. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sedangkan, kerugian materi sedang dalam pendataan.

Genangan terparah terjadi di depan puskemas di Dusun Lorkali, Desa Gondang. Banjir juga merendam akses jalan poros desa setempat dengan ketinggian hingga 1 meter.

Petugas masih melalukan pendataan, meski mereka mengalami kesulitan menerobos genangan banjir. ''Saat ini masih dilakukan pendataan. Genangan air cukup tinggi,'' terang Kapolsek Gondang Ajun Komisaris Badri.

Cuaca gelap, kata dia, juga menjadi kendala bagi petugas mendata korban. Banjir yang memasuki permukiman warga bercampur lumpur yang cukup tebal. ''Banjir bandang kali ini yang paling besar selama dua tahun terakhir,'' tandas Badri.

Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bojonegoro menginformasikan jumlah rumah yang tergenang akibat banjir ini sebanyak 435 unit. Khusus di Gondang, banjir merendam 385 rumah, 5 hektare sawah, dan 1 puskesmas. Sedangkan, di Dusun Bluru, Desa Pragelan jumlah rumah yang terendam sebanyak 50 unit, dan 5 hektare padi siap panen rusak. (N-3)

Baca Juga

ANTARA/Seno

Pasien Luka Bakar Erupsi Gunung Semeru Perlu Ditangani Dokter Khusus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Desember 2021, 05:15 WIB
"Luka bakar serius seperti luka bakar derajat tiga dengan area luka yang luas, membutuhkan rawat inap di rumah sakit dan kadang dokter...
AFP/Juni Kriswanto

Korban Tewas Erupsi Gunung Semeru Bertambah Jadi 22 Orang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Desember 2021, 04:45 WIB
"Rincian korban meninggal dunia teridentifikasi 14 orang di Kecamatan Pronojiwo, sedangkan delapan orang di Kecamatan...
Dok. Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar Salurkan Donasi untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 Desember 2021, 23:54 WIB
Sahabat Ganjar menyalurkan sejumlah bantuan yang berupa, makanan siap saji, air mineral, selimut, masker, karpet, vitamin, pembalut,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya