Senin 25 Juni 2018, 09:33 WIB

Arus Balik Berakhir, Tol Fungsional Ditutup

MI | Nusantara
Arus Balik Berakhir, Tol Fungsional Ditutup

ANTARA/Muhammad Adimaja
Foto udara kendaraan terjebak kemacetan di jalur tol fungsional Batang-Semarang, Batang, Jawa Tengah

 

KENDARAAN arus balik ke arah barat masih membanjiri jalur pantai utara (pantura) dan jalan tol di Jawa Tengah, kemarin (Minggu, 24/6/2018). Tol fungsional akan ditutup hari ini untuk dilanjutkan pembangunannya hingga dapat dioperasikan normal pada akhir 2018 mendatang sei­ring dengan perkiraan bahwa kemarin merupakan puncak arus balik.

Patauan Media Indonesia di pantura, kemarin, ribuan kendaraan arus balik masih memadati ruas jalur pantura dan tol fungsional Kartasura-Salatiga dan Semarang-Pemalang, Jawa Tengah. Pihak pengelola tol menyebutkan malam tadi merupakan puncak arus balik bersamaan dengan habisnya masa liburan panjang Idul Fitri.

Di ruas tol fungsional Semarang-Batang, kepadatan arus lalu lintas terlihat saat hendak memasuki Jembatan Kali Kuto di perbatasan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Batang.

Sebagai antisipasi kema­cetan ­akibat adanya penyempitan jalur di jembatan, polisi meng-alirkan kendaraan dari arah timur (Semarang) ke jalur pantura keluar Weleri, Kendal, dan kembali mengarahkan (ke jalur tol) melalui Gringsing dan Simbang, Batang.

Di jalur tol fungsional Kartasura-Salatiga, kendaraan dari selatan (Solo) harus antre melintasi jalan darurat di bawah Jembatan Kenteng sepanjang 600 meter yang belum tersambung. Itu karena selain jalan menurun curam, juga tanjakan yang tajam berada di ujung ruas jalan darurat itu.

Di jalur pantura Semarang-Pemalang, kepadatan lalu lintas tidak hanya terlihat di perkotaan di sepanjang ruas jalan tersebut sejak dini hari. Dengan kecepatan sedang, ribuan kendaraan tidak terputus meluncur dari timur (Semarang) yang didominasi kendaraan pribadi berpelat nomor daerah luar Jateng seperti Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan beberapa daerah Sumatra. Seorang pemudik, Rizky Kurniawan, 45, warga Bekasi, Jabar, mengatakan sengaja pulang pada Minggu ini karena Senin (25/6) sudah masuk kerja setelah masa perpanjangan cuti habis.

“Jumlah kendaraan arus balik yang melintas di tol fungsional mencapai puncak pada Selasa (19/6) dengan jumlah 44.749 unit dan jelang masa berakhir libur panjang Rabu (20/6) sebanyak 31.650 unit,” kata Kepala Polres Kendal AKB Adiwijaya.(AS/N-1)

Baca Juga

DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...
Medcom

Nakes Di Buleleng Segera Jalani Vaksinasi Dosis Booster Kedua

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:55 WIB
TENAGA kesehatan (nakes) kembali mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali yang menjadi garda terdepan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya