Senin 03 Juli 2017, 09:47 WIB

Delapan Jenazah Korban Heli Basarnas Dibawa ke RS Bhayangkari

Tosiani | Nusantara
Delapan Jenazah Korban Heli Basarnas Dibawa ke RS Bhayangkari

Delapan korban jatuhnya helikopter Basarnas di Desa Canggal, Candiroto, Kab. Temanggung Jawa Tengah dibawa ke RS Bhayangkara, Semarang untuk diidentifikasi. -- MI/Tosiani

 

SEBANYAK delapan korban jatuhnya helikopter Basarnas Jawa Tengah di Desa Canggal, Candiroto, Kabupaten Temanggung yang sudah berhasil dievakuasi tim gabungan dibawa ke RS Bhayangkara di Semarang untuk diidentifikasi.

"Korban terakhir berhasil dievakuasi sekitar pukul 02.00 WIB adalah pilot helikopter Kapten Laut Haryanto," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung Agus Sudaryono di Temanggung, Senin (3/7).

Menurut Agus, helikopter tersebut rencananya bertolak ke Banjarnegara untuk membantu proses evakuasi letusan Kawah Sileri di Dieng. Heli jatuh di Desa Canggal setelah menabrak tebing Gunung Batok di wilayah Kabupaten Temanggung.

Dijelaskan, semua korban jatuhnya pesawat Basarnas sebanyak delapan orang sudah dalam kondisi meninggal dunia, terdiri atas empat orang dari Basarnas dan empat awak helikopter terdiri atas pilot, kopilot, dan dua teknisi.

Menurutnya, secara umum proses evakuasi berjalan lancar. Hanya saja ada beberapa korban yang terjepit dan diperlukan peralatan khusus untuk mengevakuasinya. Evakuasi bagi korban terjepit tidak digunakan alat pemotong atau gergaji karena dikhawatirkan timbul percikan api, padahal masih banyak aftur, maka diperlukan alat khusus.

"Medan untuk evakuasi cukup berat, dari posko hingga lokasi kejadian memerlukan waktu 1,5 hingga 2 jam perjalanan. Selanjutnya hari ini akan dilakukan evakuasi bangkai helikopter". (X-12)

Baca Juga

Ist

Kepala BP Batam Padukan Perencanaan BP Batam dengan Pemda

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 21:56 WIB
Perencanaan pembangunan di bawah tanggungjawab Pemkot Batam, akan dipadukan dengan perencanaan Badan Pengusahaan (BP)...
Ist

Babel Masuk 10 Provinsi yang Mengalami Pertumbuhan Ekonomi Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:57 WIB
Babel telah berupaya untuk membawa daerahnya menjadi bagian dari 10 provinsi di Indonesia yang mengalami pertumbuhan ekonomi positif...
Ist

Hari Buku Nasional, Ganjar Dapat Kado Spesial dari Anak 11 Tahun

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 18:25 WIB
Bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional, Abe memberikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kado novel karyanya sendiri berjudul...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya