Senin 09 Januari 2023, 15:05 WIB

Tokoh Aremania Desak Oknum Penembak Gas Air Mata Jadi Tersangka

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Tokoh Aremania Desak Oknum Penembak Gas Air Mata Jadi Tersangka

MI/Rudi Kurniawansyah
Para penonton dalam acara Doa Bersama dan Konser Amal Salam Satu Jiwa di Galdiator Arena, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (8/1) lalu.

 

MUSISI yang juga sesepuh Aremania, sebutan klub Arema, Anto Baret, mendesak kepolisian agar oknum penembak gas air mata pada kerusuhan di stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada 1 Oktober tahun lalu dijadikan tersangka. Hal itu disampaikannya pada acara Doa Bersama dan Konser Amal Salam Satu Jiwa di Galdiator Arena, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (8/1) lalu.

"Kami minta usut tuntas sampai ke akar-akarnya. Kita minta yang nembak-nembak gas air mata itu juga bisa dijadikan tersangka," tegasnya.

Menurut dia kejadian di stadion Kanjuruhan tersebut merupakan tragedi kemanusiaan. Untuk itu dia mengajak berdoa bersama agar keadilan benar-benar ditegakkan dan jangan sampai cita-cita bangsa Indonesia setelah merdeka dikhianati.

Baca juga: Konser Amal Kanjuruhan, Erick Tohir: Sepak bola Indonesia Harus ...

"Marilah kita berdoa bersama semoga kepercayaan kita terhadap hukum ini tidak dikhianati. Semoga kesabaran kita ini tidak dilukai. Dan sampai sejauh ini memang laporan kita belum ditindaklanjuti. Sudah 100 hari ini masih belum ada apa-apa, belum tuntas sama sekali."

Sebelumnya diberitakan bahwa konser amal itu berhasil mengumpulkan sumbangan sebesar Rp1.450.000.000 yang nantinya akan diberikan kepada keluarga korban Kanjuruhan. Hasil pengumpulan dana pada konser amal tersebut akan disalurkan pada 135 keluarga korban yang meninggal, cacat permanen dan luka luka.

Selain donasi dari penonton dan masyarakat, UMKM yang berdagang di area juga mendonasikan sebagian dari keuntungan penjualan mereka. Simbolis penggalangan dana diberikan dan diwakilkan oleh Ketua Sekber Aremania, Anto Baret.

Konser diisi oleh sejumlah band ternama seperti Jamrud, Gigi, Elpamas, Kotak, Edane Tipe-X dan lainnya. Konser amal ini juga melibatkan sejumlah musisi dan penyanyi senior, antara lain Anto Baret, Ian Antono, Abadi Soesman, dan Reza Artamevia.

Sebelumnya juga, Anto Baret bersama tim kuasa hukum dan keluarga korban kerusuhan Kanjuruhan menemui Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko di Kantor Staf Kepresidenan (KSP), di Gedung Bina Graha pada Kamis (5/1/2023) lalu.

Para keluarga korban menyampaikan kepada Moeldoko agar proses penanganan hukum tragedi yang menewaskan 135 orang ini dilaksanakan secara transparan dan adil.
Merespon hal itu, Moeldoko pun memastikan akan segera mengundang pihak Kejaksaan Agung dan Kepolisian dalam rapat koordinasi terkait kelanjutan proses peradilan tragedi kerusuhan

“Saya pastikan KSP akan adakan pertemuan dengan pihak Kepolisian dan Kejaksaan Agung terkait penanganan kasus Kanjuruhan. Saya sendiri yang akan memimpin rapatnya nanti,” kata Moeldoko, di Gedung Bina Graha, Kamis (5/1) lalu.

Moeldoko pun mengapresiasi kedatangan keluarga korban dan tokoh Aremania ke KSP untuk memberikan masukan kepada pemerintah. Purnawirawan Panglima TNI tersebut menegaskan bahwa pemerintah terus berkomitmen pada proses penegakan hukum yang adil dan berpihak pada korban. (RK/A-1)

Baca Juga

ANTARA/Fikri Yusuf

Antisipasi Kraken, Polres Bandara Gelar Vaksinasi Booster Kedua

👤Sumantri 🕔Minggu 05 Februari 2023, 20:08 WIB
Vaksinasi penguat ini sudah dilaksanakan dalam kurun waktu empat hari, mulai Minggu ini dan kemudian akan dilanjutkan pada hari ke depannya...
Ilustrasi

Polda Metro: Keterangan Bripka Madih Tidak Konsisten Soal Sengketa Lahan

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 05 Februari 2023, 18:37 WIB
Hengki mengatakan Bripka Madih tidak konsisten, karena adanya pernyataan di media dengan data diterima polisi terkait laporan pada tahun...
Ist

Gelaran Cap Go Meh di Jakbar Momentum Perekat Persatuan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 18:28 WIB
Keragaman budaya Indonesia perlu lestarikan, agar generasi penerus dapat mengerti keberagaman indonesia, khusunya generasi muda di Taman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya