Rabu 04 Januari 2023, 13:47 WIB

Wali Kota Jaktim Sebut Sumur Resapan Sukses Kurangi Genangan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Wali Kota Jaktim Sebut Sumur Resapan Sukses Kurangi Genangan

MI/ANDRI WIDIYANTO
Ilustrasi

 

WALI Kota Jakarta Timur M. Anwar menyebut pembangunan sumur resapan di wilayah yang tepat dengan jenis kedalaman dan kelebaran yang tepat mampu mengurangi genangan.

Hal tersebut sudah dibuktikan melalui pembangunan sumur resapan yang sukses mengurangi genangan di wilayahnya. Dalam membangun sumur resapan, Anwar memiliki kajian dari para ahli geologi, geodesi, dan lainnya.

"Vermiable tanah di timur dan selatan masih memungkinkan diadakan sumur resapan. Sumur resapan premeter tergantung kontur tanahnya," kata Anwar di Jakarta, Rabu (4/1).

Untuk di wilayah Jakarta Timur jenis sumur resapan yang dibangun adalah jenis sumur resapan dalam dengan kedalam hingga 30 meter dan pipa berdiameter 4 inci.

"Bisa menyerap air dalam setengah jam 10 ribu liter contohnya di Gedung Food Station sekarang sudah tidak banjir. UNJ sudah tidak banjir. Lalu di Jalan DI Pandjaitan. Itu salah satu upaya kami untuk mengurangi genangan dan banjir di Jakarta Timur," tutur Anwar.

Di Jakarta Timur, Anwar mengatakan, sudah ada lebih dari 3 ribu sumur resapan yang terbangun. Jumlah ini adalah yang dibangun secara mandiri melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan. Ia mewajibkan 200 sumur resapan dibangun di tiap kecamatan tahun lalu.

"Saya sendiri. Itu sifatnya CSR, alatnya ada berapa? Saya punya 50 alat bor, dari mana? Dari pengusaha, CSR. DI Pandjaitan 38 sumur resapan. Anda kalau lihat, sekarang DI Pandjaitan aman, kan paling hanya antre air di tali air. Itu aja," tandasnya. (OL-12)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Kompolnas Minta Klarifikasi Polisi soal Penersangkaan Mahasiswa UI

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:34 WIB
Perkara itu dihentikan karena Hasya, yang juga korban dalam kecelakaan itu, meninggal dunia. Kecelakaan tersebut diketahui melibatkan...
DOK.MI

Mahasiswa Korban Tewas Kecelakaan Jadi Tersangka, IPW: Menyakiti Masyarakat

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:52 WIB
IPW meminta Polri untuk tidak menyakiti perasaan masyarakat. Penetapan tersangka itu, walaupun kasusnya dihentikan, telah menyakitkan...
DOK MI.

Kecewa Penetapan Hasya Tersangka, Orangtua: Ayo Buktikan ke Pengadilan

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:18 WIB
Kala itu Hasya hendak pergi ke indekos salah satu temannya. Dalam perjalanan, tiba-tiba sepeda motor di depannya melaju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya