Senin 02 Januari 2023, 11:30 WIB

Perayaan Tahun Baru 2023 di Kota Depok Nihil Lonjakan Sampah, Ini Sebabnya

Kisar Rajagukguk | Megapolitan
Perayaan Tahun Baru 2023 di Kota Depok Nihil Lonjakan Sampah, Ini Sebabnya

dok.ant
Alat berat mengeruk sampah di TPA Cipayung, Depok, Jawa Barat, akhir pekan lalu

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Depok, Jabar menyebutkan volume sampah pada saat perayaan Tahun Baru 2023 di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung normal sebanyak 1.200 ton per hari. Normalnya volome sampah di TPA Cipayung Kota Depok karena masyarakat mematuhi anjuran pemerintah tidak keluar rumah disebabkan cuaca ektrem.

"Sebelumnya kami perkirakan ada kenaikan volume sampah 2-30 persen atau sekitar 240-260 ton pada perayaan tahun baru. Alhamdulillah berjalan normal, tidak ada lonjakan sampah karena masyarakat mematuhi ajakan pemerintah tidak bepergian ke tempat objek wisata karena cuaca ekstrem," ucap Kepala Bidang Kebersihan dan Kemitraan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Iskandar Zulkarnaen, di kantornya, Senin (2/1/2023)

Pihaknya, jelas Zulkarnaen, sudah mempersiapkan tambahan tenaga kebersihan dan armada truk mengantisipasi lonjakan sampah saat perayaan tahun baru 2023. Pada perayaan Natal 2022 disiapkan tenaga kebersihan sebanyak 300 personil dan truk ada 150 kendaraan.

"Untuk mengantisipasi penghujung tahun, kami sudah menyiapkan personil sebanyak 400 orang, dibantu relawan ikut berpartisipasi," ucap dia.

Untuk jumlah armada, DKP pun telah menyiapkan hingga 14 unit dengan titik terbanyak ada di kawasan pusat kota, pasar Kemiri Muka.

Sebelum perayaan natal, ia mengatakan volome sampah di Pasar Kemiri mencapai 500 ton per hari. Sampah tersebut produksi pedagang dan 200 RT dari 5 RW yang ada di kawasan itu.

"Kami persiapkan 14 armada yang disebar di pusat kota dan Pasar Kemiri Muka yang paling banyak terjadi penumpukkan sampah," katanya.

Diyakininya bahwa sebagian besar warga Kota Depok belum sadar kebersihan dan cendrung membuang sampah sembarangan.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat kota dari luar kota untuk ikut serta menjaga kebersihan. "Kita mengimbau kepada warga kota agar mereka harus mendukung program pemerintah kota dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kita siap membersihkan Kota Depok agar tetap bersih, indah dan aman," ucap Iskandar. (OL-13)

Baca Juga : TPA Cipayung Kota Depok Terima Sampah Selama Natal 2022 ...

Baca Juga

Ist

Career Day 2023 MGBK DKI Dihadiri Puluhan Ribu Pelajar

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:43 WIB
Setiap hari, tak kurang dari 15 ribu pengunjung yang didominasi pelajar SMA/SMK dan guru, datang ke Balai Samudera untuk melihat booth atau...
Metro TV/Sidharta Aria Agung.

Ayah Bekerja, Kakak Adik Tewas Terpanggang

👤Sidharta Aria Agung 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:39 WIB
Ditinggal orangtua bekerja, dua saudara kandung tewas terbakar. Insiden ini terjadi di rumah korban di kawasan Pabuaran, Bojonggede,...
Medcom

Pelaku Mutilasi di Bekasi Berpindah-Pindah Kontrakan Bawa Jasad Korban

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Januari 2023, 18:55 WIB
Terakhir tersangka berpindah pada Desember 2022 di wilayah yang sama dan menjadi tempat penemuan jasad oleh pihak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya