Kamis 29 Desember 2022, 16:05 WIB

Kemenhub Masih Kaji Kartu Pembayaran KRL Sesuai Kemampuan

Ficky Ramadhan | Megapolitan
Kemenhub Masih Kaji Kartu Pembayaran KRL Sesuai Kemampuan

Antara
Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta.

 

DIREKTORAT Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan pengkajian skema subsidi Public Service Obligation (PSO) terkait tarif KRL yang lebih tepat sasaran. Termasuk, pilihan kartu pembayaran yang akan diberlakukan.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan bahwa kebijakan tersebut dilakukan untuk memudahkan pemberian PSO, sehingga lebih tepat sasaran.

"Saat ini, kami mengkaji pilihan kartu perjalanan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, sesuai dengan kemampuan membayar," ujar Adita dalam keterangannya, Kamis (29/12).

Baca juga: Kemenhub Pastikan Penyesuaian Tarif KRL tidak dalam Waktu Dekat

Kendati demikan, lanjut dia, saat ini belum ada rencana penaikan tarif KRL dalam waktu dekat. Namun, memang diperlukan penyesuaian besaran subsidi untuk memastikan tarif KRL tetap terjangkau oleh masyarakat. Di sisi lain, layanan tetap dapat berjalan dengan baik.

Adita mengatakan bahwa perlu dipahami tarif KRL masih disubsidi negara melalui PSO. Dengan adanya kenaikan biaya operasional dan belum ada rencana kenaikan tarif, perlu dilakukan berbagai upaya agar besaran PSO tetap dikelola dengan baik.

Baca juga: Momentum Piala AFF, Dinkes DKI Gelar Vaksinasi Covid-19 di GBK

"Dalam rangka memastikan pembiayaan PSO betul-betul dimanfaatkan masyarakat yang membutuhkan, Kemenhub sedang melakukan kajian mengenai skema subsidi PSO yang lebih tepat sasaran," imbuhnya.

Pihaknya juga menghimbau warga agar menunggu informasi lebih lanjut, sampai kajian tersebut selesai dilakukan. "Masukan dan saran yang disampaikan oleh masyarakat akan menjadi bahan pertimbangan," pungkas Adita.(OL-11)

 

Baca Juga

MI/HO

Dukung Aksi Tolak ERP DKI, Jumhur Hidayat: Ini Diskriminasi Nyata Terhadap Rakyat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:01 WIB
RIBUAN pengemudi Ojek Online yang tergabung dalam PREDATORm elakukan aksi unjuk rasa di depan Balaikota DKI Jakarta untuk menolak...
MI/M Irfan

Komunitas Ojol Desak Gubernur DKI Copot Kadishub, Syafrin: Terserah Pimpinan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 09 Februari 2023, 11:10 WIB
KEPALA Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo angkat bicara usai komunitas pengemudi ojek online (ojol) mendesak Gubernur mencopot...
MI/Susanto

Majelis Hakim Tolak Eksepsi Irjen Teddy Terkait Kasus Peredaran Narkoba

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 09 Februari 2023, 10:55 WIB
"Menyatakan keberatan atau eksepsi kuasa hukum terdakwa (Irjen Teddy) tidak diterima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya