Kamis 29 Desember 2022, 12:46 WIB

Jadi Pusat Acara Tahun Baru, TMII Diprediksi Bakal Dipadati 40 Ribu Pengunjung

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Jadi Pusat Acara Tahun Baru, TMII Diprediksi Bakal Dipadati 40 Ribu Pengunjung

MI/Adam Dwi
TMII

 

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) siap menyambut pengunjung pada Masa Ramai Liburan Tahun Baru 2023. Salah satu wujud kesiapan tersebut, TWC berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyelenggarakan event Pergantian Malam Tahun Baru 2023 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Berbagai kegiatan hiburan yang akan diselenggarakan dari siang sampai dengan menjelang tutup tahun 2022 siap menemani seluruh pengunjung Taman Mini Indonesia Indah.

Sebagai pengelola Taman Mini Indonesia Indah, TWC telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk memberikan layanan terbaik kepada pengunjung yang diperkirakan akan mencapai 40.000 orang pada malam pergantian tahun.

Dalam hal pengamanan, 118 personel pengamanan internal telah disiapkan dan 475 personel gabungan eksternal dari unsur Kepolisian, TNI AD, Satpol PP, dan Suku Dinas Perhubungan juga telah disiagakan. Pos pengamanan ditempatkan di pintu masuk utama, yakni pada Pintu 3 dan Pintu 4. Selain itu, personel pengarah jalan juga ditempatkan di sejumlah titik untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas. Sebagai antisipasi lonjakan kepadatan pengunjung TMII, sejumlah pintu masuk tambahan juga telah disiagakan.

"Dari Pintu 3, pengunjung dengan kendaraan roda empat maupun roda dua akan diarahkan ke tempat parkir terpadu sebelum naik bus kendaraan listrik untuk masuk ke kawasan Taman Mini Indonesia Indah," kata Direktur Utama PT TWC Edy Setijono dalam keterangan resmi, Rabu (28/12).

Kapasitas parkir terpadu mencapai 559 lot untuk mobil, 300 lot motor dan 28 lot untuk sepeda. Tempat parkir alternatif terletak di beberapa lokasi, antara lain di area Tugu Api Pancasila dengan kapasitas parkir mobil sebanyak 159 lot, parkir mobil di belakang Tambur sebanyak 400 lot, parkir mobil di PP IPTEK sebanyak 400 lot, parkir mobil di area Tionghoa sebanyak 150 lot dan lokasi parkir cadangan untuk menampung kendaraan jika terjadi lonjakan pengunjung.

Terkait tenaga kesehatan, ambulance dan tenda medis ditempatkan di sejumlah titik, antara lain di Parkir Plaza Utara, depan Anjungan Sulawesi Utara, depan PP IPTEK, depan Istana Anak, depan Sasana Adirasa dan depan Plaza Keong Mas.

Di sisi lain, petugas pemadam kebakaran juga disiagakan di sejumlah titik antara lain di kawasan ex BNI Plaza Utara, depan Anjungan Maluku, depan anjungan Sulawesi Utara depan PP IPTEK, depan Plaza Kayu Gede dan depan Plaza Keong Mas.

Sementara untuk toilet portabel tersedia di Parkir Plaza Utara, depan anjungan Sumatera Utara, depan anjungan Maluku, depan PP IPTEK, depan Istana Anak dan depan Plaza Keong Mas.

Mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah dapat dijangkau menggunakan transportasi umum yang mudah dan praktis. Masyarakat kota Jakarta dapat menggunakan transportasi umum berupa Transjakarta, Kereta Rel Listrik (KRL), dan moda transportasi lainnya.

Menggunakan transportasi umum dapat menghemat tenaga sebelum maupun setelah acara perayaan tahun baru sekaligus dapat berkontribusi untuk mengurangi tingkat kemacetan.

"Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan transportasi umum, pengunjung telah berpartisipasi dalam mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor," ujar Edy.

Protokol kesehatan tidak boleh dilupakan dalam perayaan pergantian tahun agar pengunjung dapat menikmati seluruh rangkaian acara dengan aman dan nyaman. Penting juga untuk mempersiapkan kondisi diri seperti istirahat yang cukup dan rutin mengonsumsi air putih agar semua pengunjung dapat bergembira bersama orang-orang tersayang di Taman Mini Indonesia Indah.

Pengunjung juga diimbau untuk tetap selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pengelola Taman Mini Indonesia Indah telah menyediakan tempat pembuangan sampah di setiap sudut lokasi yang mudah ditemukan oleh seluruh pengunjung. (OL-12)

Baca Juga

Ist

Pusat Grosir Metro Tanah Abang Gelar Lomba Video Bertema 'Hoki Sincia'

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:12 WIB
Event "Hoki Sincia" Pusat Grosir Metro Tanah Abang juga akan mengadakan undian berhadiah "Berkah Lebaran" yang akan...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

DKI Antisipasi Kenaikan Harga Beras

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 31 Januari 2023, 21:54 WIB
Pasalnya, saat ini harga beras di beberapa tempat sudah nyaris menyentuh level Harga Eceran Tertinggi...
DOK MI.

Sekelompok Remaja Nekat Tawuran demi Konten, 13 Pelaku Ditangkap

👤Yurike Budiman 🕔Selasa 31 Januari 2023, 21:53 WIB
Sekelompok remaja nekat melakukan tawuran di Jalan Tanah Pasir, Penjaringan, Jakarta Utara. Aksi mereka viral di media sosial saat tawuran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya