Kamis 17 November 2022, 11:05 WIB

Stok Beras di Jakarta Menipis hingga Akhir Tahun

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Stok Beras di Jakarta Menipis hingga Akhir Tahun

Antara
Ilustrasi stok beras

 

MENJELANG akhir tahun, stok beras di Pasar Induk Cipinang seret. Wakil Ketua Perpadi Jakarta Billy Haryanto mengatakan saat ini stok beras di pasar beras terbesar di Ibu Kota itu sekitar 25 ribu ton. 

"Kalau segitu dua minggu saja sudah habis," kata Billy, Kamis (17/11)

Pasar Induk Cipinang menyuplai beras ke Jakarta dan sekitarnya. Saban hari, kata Billy,  sekitar 2.000 ton beras yang keluar pasar, dikirim ke berbagai daerah. Dengan stok yang menipis ia tak yakin beras akan cukup sampai pergantian tahun. 

"Ini alarm bagi pemerintah bahwa kita lagi kekurangan beras. Stoknya sangat mengkhawatirkan. Baru panen lagi kan bulan Februari," kata Dewan Penasehat PBSI itu.

Ia tak sependapat dengan pernyataan Kementan yang menyebut stok beras tengah surplus pada Oktober tahun ini. Menurut Billy, masalah pangan, terutama beras itu jangan dipolitisasi. "Kurang bilang kurang cukup bilang cukup. Jangan seperti sekarang kondisi kekurangan dibilang surplus," tandasnya.

Faktanya stok beras menipis, kata Billy, harganya yang melambung tinggi. Di pasaran, Billy mengatakan, harga beras Rp 11 ribu per kilogram. "Itu beras belum jadi. Belum masuk ke merek. Kalau dijual ke masyarakat lebih dari segitu," katanya. 

Ia mengatakan memang ada beras murah yakni beras Bulog dibandrol Rp 8.900 per kilogram. Namun, kata dia, problemnya Bulog membatasi juga untuk pedagang. Saat ini, kata dia, yang bisa membantu pedagang hanya Bulog. "Tapi stok Bulog juga enggak banyak. Saya pikir akan habis juga buat program beras bantuan," kata Billy. 

Walhasil, Billy mengatakan kekurangan beras ini tanda-tanda krisis pangan itu nyata seperti yang dibahas di pertemuan G20. "Tinggal tunggu bom waktu saja, krisis beras kemungkinan bakal terjadi," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok.Antara

Keluarga Tewas Di Kalideres, Paman Diduga Menganut Aliran Sesat

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Selasa 29 November 2022, 16:50 WIB
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi mengatakan, belum merinci soal ajaran yang diikuti Budiyanto...
MI/RAMDANI

218 Sepeda 'Bike Sharing' Gowes Ditarik karena Rusak

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 29 November 2022, 16:20 WIB
Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Yayat Sudrajat mengatakan dari total 417 sepeda yang disediakan untuk program...
Dok MI

Polisi Buru Pembuang Bayi di Jembatan Cengkareng

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 28 November 2022, 20:59 WIB
Kondis bayi masihi hidup saat ditemukan di pinggir jembatan kawasan Rawa Buaya, Cengkareng,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya