Rabu 16 November 2022, 09:45 WIB

Pembangunan Waduk Halim Perdanakusuma Ditargetkan Selesai Desember 2022

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pembangunan Waduk Halim Perdanakusuma Ditargetkan Selesai Desember 2022

MI/ BARY FATHAHILAH
Ilustrasi

 

PEMBANGUNAN Waduk Halim Perdanakusuma di Kelurahan Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, ditargetkan selesai pada Desember nanti. Saat ini progres pekerjaan sudah mencapai 95%.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan, waduk yang dibangun di atas lahan seluas dua hektare ini untuk mengatasi genangan yang terjadi di wilayah sekitar, khususnya di RW 02 Cipinang Melayu.

Menurut Anwar, proses pembangunan waduk yang dimulai sejak awal November 2021 lalu ini terus dikebut. "Kita lakukan percepatan pembuatan inlet dan outletnya. Sehingga ketika Januari terjadi hujan lebat, warga tidak terdampak banjir," kata Anwar, saat melakukan peninjauan di lokasi, Selasa (15/11) kemarin.

Untuk percepatan pembangunan waduk, ungkap Anwar, pihaknya sudah koordinasi dengan jajaran Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur (SDA), Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur , UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI dan Danlanud Halim Perdanakusuma.

Kasi Pemeliharaan Sudin SDA Kota Jakarta Timur, Puryanto menambahkan, setiap hari ada tiga alat berat dikerahkan di lokasi. Jenisnya dua unit excavator long arm dan satu unit amphibi. “Kita targetkan pada Desember nanti rampung,” tegas Puryanto.

Dijelaskan Puryanto, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Sudin LIngkungan Hidup Jakarta Timur dan UPK Badan Air untuk proses pembuangan sampah pengerukan ke TPST Bantargebang. "Kebanyakan hasil pengerukan lahan ini isinya sampah, bukan lumpur. Karena memang lahan yang digunakan dahulunya tempat pembuangan sampah liar," bebernya

Sementara, Danlanud Halim Perdanakusuma Marsda TNI Tedi Rizalihadi menegaskan, pihaknya sangat mendukung pembangunan ini. Karena memang ini untuk kepentingan warga sekitar dalam mengantisipasi timbulnya genangan saat musim hujan. “Kita harapkan ini secepatnya berfungsi sehingga bisa untuk antisipasi banjir,” tutup Tedi Rizalihadi. (OL-12)

 

Baca Juga

Dok Facebook H3 Jakarta

H3 Jakarta akan Lebih Berkontribusi untuk Pariwisata Indonesia

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 09 Desember 2022, 20:26 WIB
HIMPUNAN Humas Hotel (H3) Jakarta melaksanakan serah terima serah terima pengurusan dari tim pengurus 2020-2022, ke tim pengurus 2022-2024,...
DOK.MI

Terungkap Alasan Keluarga Tewas di Kalideres tidak Dimakamkan hingga Mengering

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:53 WIB
Saat itu, keluarga tidak mampu melakukan pemakaman, karena kondisi keuangan yang...
Antara

Ahli: Keluarga yang Tewas di Kalideres tidak Terkait Sekte Tertentu

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:25 WIB
Meski ditemukan buku lintas agama di rumah keluarga tersebut, namun ahli sosiologi agama memastikan sejumlah buku mudah ditemukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya