Selasa 15 November 2022, 14:48 WIB

Silaturami Akbar Tanah Datar Bahas Hak Ulayat

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Silaturami Akbar Tanah Datar Bahas Hak Ulayat

Dok Kerukunan Keluarga Kabupaten Tanah Datar Luhak nan Tuo.
H. Osri, Ketua Panitia Silaturahmi Akbar KKDT LnT Jabodetabek

 

Setelah empat tahun vakum karena Pandemi Covid 19, Kerukunan Keluarga Kabupaten Tanah Datar Luhak nan Tuo (KKDT LnT) menggelar Silaturahmi Akbar Jabodetabek yang dihadiri para tokoh nasional yang berasal dari daerah tersebut.

KKTD LnT Jabodetabek  merupakan tempat berhimpun bagi seluruh perwakilan dari Ikatan Keluarga Kenagarian se-Tanah Datar karena di dalam kepengurusannya KKTD Jabodetabek diisi oleh perwakilan dari Ikatan Keluarga Nagari se-Jabodetabek.

Acara yang digelar pada Minggu (13/11) di GSG Senayan itu mengambil tema “Satitiak Jadikan Lauik, Sakapa Jadikan Gunuang, Alam Takambang Jadi Guru”.

Menurut H. Osri, ketua panitia penyelenggara acara ini setelah empat tahun tidak bisa bertemu secara fisik, banyak warga Tanah Datar di Jabodetabek yang menginginkan adanya silaturahmi ini.

“Pada kesempatan silaturahmi ini tidak hanya ajang melepas kangen, melainkan juga kita membahas persoalan-persoalan yang dihadapi warga di sana seperti permasalahan Hak Ulayat,” kata Osri.

Hak ulayat adalah kewenangan, yang menurut hukum adat, dimiliki oleh masyarakat hukum adat atas wilayah tertentu yang merupakan lingkungan warganya, di mana kewenangan ini memperbolehkan masyarakat untuk mengambil manfaat dari sumber daya alam, termasuk tanah, dalam wilayah tersebut bagi kelangsungan hidupnya. Masyarakat dan sumber daya yang dimaksud memiliki hubungan secara lahiriah dan batiniah turun temurun dan tidak terputus antara masyarakat hukum adat tersebut dengan wilayah yang bersangkutan.

Lebih lanjut dijelaskan Osri, permasalahan hak ulayat ini tidak bisa dilepaskan dari falsafat budaya orang Minang sendiri yaitu Satitiak Jadikan Lauik, Sakapa Jadikan Gunuang, Alam Takambang Jadi Guru. “Dengan demikian penting untuk membicarakan masalah Hak Ulayat sebagai bentuk ketaatan orang Minang kepada Allah SWT. Alam yang indah dan luas ini merupakan rahmat terbesar yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita, dalam hal ini masyarakat Adat Minang. Untuk itu, rahmat yang sudah diberikan tidak boleh disia-siakan begitu saja,” tegas Osri.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) RI Afriansyah Noor mengaku berbangga hati bisa turut hadir Bersama-sama dengan seluruh perantau di Silaturahmi Akbar KKTD LnT Jabodetabek.

Afriansyah juga berjanji kepada akan berbuat yang terbaik untuk bangsa Indonesia khususnya Sumatra Barat dan Kabupaten Tanah Datar. “Insyaallah saya akan bawa dan salurkan program-program dari Kemenaker RI untuk pengembangan dan pembangunan Kabupaten Tanah Datar ke depan,” ucap Afriansyah. (RO/OL-12)

Baca Juga

dok.ist

Ratusan Santri di Bekasi Doakan agar Indonesia Lebih Baik di 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 21:22 WIB
JARINGAN relawan Santri Dukung Ganjar Jabodetabek menggelar doa bersama di Pondok Pesantren (Ponpes) Al - Fath Jalen, Jejalenjaya, Tambun...
dok.Ist

Polres Jakbar Didemo Ratusan Warga, Ini Pemicunya

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 21:06 WIB
POLRES Metro Jakarta Barat didemo elemen masyarakat, Senin (5/12/2022) siang. Karena kecewa  setelah seorang tersangka dinyatakan...
MI/Pius Erlangga

Polisi Umumkan Hasil Investigasi Kematian Keluarga di Kalideres, Jumat

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 05 Desember 2022, 19:45 WIB
Tim gabungan akan menggelar konferensi pers pengungkapan hasil investigasi pada Jumat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya