Selasa 15 November 2022, 09:03 WIB

Hujan Deras Picu Banjir di Kota Depok Sebabkan Lansia Tercebur Sumur

Kisar Rajagukguk | Megapolitan
Hujan Deras Picu Banjir di Kota Depok Sebabkan Lansia Tercebur Sumur

MI/Bary Fathilah
Seorang kakek saat mengevakuasi nenek dan anak-anak dari genangan banjir di Jalan Johar 1, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Jumat lalu.

 

HUJAN deras yang mengguyur Kota Depok, Jawa Barat, pada Selasa (15/11) dini hari mengakibatkan banjir dan tanah longsor di sejumlah lokasi. Salah satunya di Kampung Cikumpa, Jalan Haji Bontong RT 006 RW 05 Kelurahan Sukma Jaya, Kecamatan Sukma Jaya, Kota Depok.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Dinas PKP) Kota Depok, Welman Naipos-pos mengatakan, longsor di Kampung Cikumpa, Jalan Haji Bontong RT 006 RW 05 Kelurahan Sukma Jaya, Kecamatan Sukma Jaya, Kota Depok mengakibatkan seorang perempuan lanjut usia tercebur sumur kedalaman 6 meter.

"Di Kampung Cukumpa longsor sampai menutup jalan dusun," katanya, Selasa (15/11).

Dinas PKP Kota Depok pun mengevakuasi perempuan lansia yang tercebur di sumur tersebut. Perempuan lansia yang tercebur bernama Ici berusai 66 tahun. "Ici dievakuasi dalam kondisi hidup dengan sekujur tubuh berlumpur," kata Welman.

Kejadian bermula ketika Ici terbangun dari tidur untuk melihat tanah longsor. Ia berjalan ke arah sumur yang berada di belakang rumahnya. Namun Ici terpeleset dan jatuh ke sumur.

Fikri anak Ici, sadar ibunya tercebur sumur setelah menyadari ketiadaan Ici di rumah. "Lalu, berteriak meminta bantuan pertolongan kepada warga tetangga diteruskan menghubungi petugas DPKP Kota Depok," ujarnya.

Petugas pertama kali menerima laporan kejadian longsor dan orang tercebur dalam sumur pukul 03.15 WIB. Enam petugas penyelamat diturunkan ke lokasi untuk mengevakuasi Ici yang tercebur di sumur berisi penuh air.

Langkah awal penyelamatan dilakukan dengan orientasi keadaan sumur, kedalaman, dan ada tidaknya sumber gas beracun. Setelah itu turun ke sumur menggunakan tali karmatel, tripod, pulley sistem, selang oksien, tabung scuba, dan senter.

Setelah di dalam sumur, Ici ditemukan masih hidup. Kemudian memasang alat bantu pernafasan, tali karmantel diikatkan ke bagian tubuh Ici lalu oleh petugas ditarik dari atas.

"Evakuasi selesai dilakukan pukul 03.45 WIB, Ici telah dibawa ke rumah sakit untuk pemulihan kesehatan oleh pihak keluarga," kata Welman. (OL-13)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Viral Ribuan Ikan Meloncat ke Daratan di Pantai Marina Ancol

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 November 2022, 19:59 WIB
Dari video yang dihimpun, tampak video menampilkan ikan-ikan yang melompat daratan. Ribuan ikan itu kemudian diambil oleh warga...
Antara

Sama-sama Tolak UMP DKI 2023: Buruh Bilang Kurang, Pengusaha Sebaliknya

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 30 November 2022, 19:04 WIB
Penetapan Pemprov DKI soal nominal UMP ini jadi pemicu kedua pihak kompak sama-sama menolak dan menuntut nominal UMP baru senilai Rp4,9...
John Moore/Getty Images/AFP

Polda Metro Ungkap Sabu Likuid dari Iran

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 November 2022, 18:55 WIB
Polda Metro Jaya mengungkap likuid yang berbahan methamphetamine atau sabu-sabu. Ia mengatakan likuid berbahan sabu tersebut tergolong baru...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya