Rabu 02 November 2022, 23:52 WIB

Merger MITJ dan KCI Kunci Sempurnakan Transportasi Umum di Jabodetabek

Andhika Prasetyo | Megapolitan
Merger MITJ dan KCI Kunci Sempurnakan Transportasi Umum di Jabodetabek

Antara
Menhub Budi Karya Sumadi

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi memperoleh arahan dari Presiden Joko Widodo untuk menyempurnakan ekosistem angkutan massal di Jakarta dan daerah-daerah penyangga di sekitarnya.

"Bapak Presiden menekankan bahwa angkutan massal di perkotaan menjadi keharusan. Itu harus dikendalikan, baik menyelesaikan yang sudah ada maupun merencanakan dan membangun yang baru," ujar Budi selepas menghadap Kepala Negara di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (2/11).

Salah satu langkah yang akan diambil untuk menjalankan arahan tersebut adalah dengan menyederhanakan perusahaan-perusahaan transportasi umum di Ibu Kota.

Caranya, lanjut Budi adalah dengan menggabungkan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Dengan digabungkannya dua korporasi di sektor perkerataapian itu, ia meyakini upaya pengembangan akan menjadi lebih efektif dan terpadu.

"Kita melihat pengelolaan perkeretaapian seyogyanya dikelola oleh satu kelembagaan. Dengan begitu, tidak ada tumpang tindih terutama yang berkaitan dengan kebijakan," tuturnya.

Saat ini, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan sedang melakukan kegiatan pemeriksaan dari sisi nilai aset. Kejaksaan Agung juga tengah mengkaji dari aspek hukum.

"Merger memang harus dilakukan tapi kita tidak bisa mengesampingkan yang sifatnya finansial dan hukum. Semua kita lakukan. Proses itu tidak bisa dilewatkan begitu saja," pungkas Budi. (OL-8)

Baca Juga

DOK.MI

Panik Dikejar Warga, Penjambret Loncat ke Kali Sentiong Jakpus

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 06 Desember 2022, 21:54 WIB
Berdasarkan pengakuan, kedua pelaku merupakan spesialis jambret ponsel. Kedua pelaku mengincar korban yang sedang main ponsel di pinggir...
MI/Bary Fathahillah

Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Listrik Diusulkan Jadi Nol Persen

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 06 Desember 2022, 21:54 WIB
Salah satu yang diharapkan dari langkah itu ialah agar Indonesia dapat bersaing dengan Thailand di pasar otomotif...
AFP/ADEK BERRY

Pastikan Keamanan Penumpang, MRT Jakarta Punya Alat Pendeteksi Gempa

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 06 Desember 2022, 21:34 WIB
PT MRT Jakarta memastikan memiliki standar operasional prosedur (SOP) dalam menghadapi bencana gempa bumi salah satunya dengan memasang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya