Kamis 27 Oktober 2022, 18:38 WIB

HIPMI Jaya Dorong Pengusaha Muda Ambil Peran dalam Pemulihan Ekonomi 

mediaindonesia.com | Megapolitan
HIPMI Jaya Dorong Pengusaha Muda Ambil Peran dalam Pemulihan Ekonomi 

Ist
Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua BPD HIPMI Jaya, Sona Maesana, saat diwawancarai wartawan.

 

HIMPUNAN Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (HIPMI Jaya) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Diklatda ) bagi anggotanya. Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat yaitu Pullman Hotal Thamrin dan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kegiatan rutin organisasi ini dilaksanakan untuk terus meningkatan kualitas kader HIPMI Jaya dalam menyikapi dinamika dan persoalan ekonomi yang sedang terjadi. 

Diklatda HIPMI Jaya 2022 mengusung tema “Peran Pengusaha Muda Jakarta dalam Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional dan Kesiapan dalam Menghadapi Tantang Global”

Ketua Umum BPD HIPMI Jaya, Sona Maesana, mengatakan tantangan ekonomi akan terus terjadi dan HIPMI Jaya harus ambil bagian dalam pemulihan ekonomi serta menjadi tuan rumah di negeri sendiri. 

Baca juga: HIPMI Berkontribusi Cetak Pengusaha dan Pemimpin Muda

“Kita mau pengusaha muda ini khususnya HIPMI Jaya harus mengambil peran dalam pemulihan ekonomi nasional, pemerintah sudah buat program PEN, jadi pengusaha muda juga harus ikut mengambil bagian dalam pemulihan ekonomi,” katanya diwawancarai, Kamis (27/10).

Dia mengatakan selain bertujuan untuk mencetak pengusaha muda yang tangguh, Diklatda kali ini juga memiliki tujuan agar pengusaha muda siap mengahadapi tantangan global.

Sona mengatakan saat ini secara global banyak negara yang pertumbuhan ekonominya melambat namun Indonesia patut bersyukur karena saat ini ekonominya tetap tumbuh di atas 5%. Hal ini menandakan bahwa Indonesia siap menghadapai tantangan global. 

Namun, lebih lanjut Sona mengatakan pengusaha muda tak boleh lengah, harus waspada, dan optimis di tengah ketidakpastian karena diyakini akan tetap terkena dampaknya disebabkan krisis pangan dan energi.

“Dan dari tantangan itu pasti akan ada peluang, nah disini di Diklatda ini kita mendorong pengusaha muda yang tergabung di HIPMI Jaya, khususnya di Jakarta untuk selalu siap dan jeli melihat peluang dan proaktif, jangan sampai hanya jadi penonton saja dalam pemulihan ekonomi ini tapi juga ikut jadi pemain dan pelaku,” katanya.

Dalam Diklatda kata Sona akan ada sejumlah sesi materi, yakni organisasi, ekonomi, kebangsaan dan kearifan lokal.

Pada sesi ekonomi penguhasa muda akan mendapatkan wawasan tentang situasi ekonomi global maupun nasional agar bisa membaca peluang.

Kemudian pada sesi kebangsaan akan diberikan pandangan agar para pengusaha muda tidak hanya berorientasi mencari keuntunggan semata tapi juga memberikan sumbangsih untuk pemulihan ekonomi.

“Kita dorong supaya mereka juga punya semangat jiwa nasionalisme yang tinggi, kami yakin beberkal apa yangg kita berikan Diklatda ini bisa menumbuhkan jumlah pengusaha muda yang berkembang," jelas Sona.

"Mudah-mudahan acaranya lancar selama dua hari ini dan para peserta HIPMI Jaya angkatan 2021 bisa memetik benefit dari Diklatda,” katanya.

Sona berharap seluruh kader HIPMI terus menjiwai semangat kolaborasi untuk menghadapi situasi post pandemic ini.

Ia juga menegaskan bahwa HIPMI Jaya melalui Jaya Collab, Jaya Academy, Jaya Network, dan Jaya Capital akan terus berupaya scale up bisnis anggota HIPMI Jaya guna lebih siap dalam menghadapi dinamika ekonomi ke depan. 

Diklatda kali ini dipersiapkan secara matang, selain jumlah peserta yang ikut serta 300 anggota HIPMI Jaya dari berbagai angkatan, kualitas narasumber dan tokoh publik yang hadir pun telah diupayakan agar dapat mengahdirkan kualitas narasi dan materi terbaik bagi anggota hipmi jaya.

Turut hadir sebagai narsumber dalam Diklatda HIPMI Jaya kali ini, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pangkostrad Maruli Simanjuntak, PJ Gubernur DKI Jakarta, Ketua DPRD DKI Jakarta, dan masih banyak lagi figur pengusaha dan tokoh nasional yang turut hadir menjadi narasumber.

Selain itu juga hadir tiga calon Ketua Umum BPP HIPMI yaitu Akbar Buchari, Bagas Adhadirga, dan Anggawira. (RO/OL-09)

Baca Juga

dok.ist

Sahabat Sandi Kabupaten Tangerang Gelar Pasar Murah untuk Nelayan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 07:52 WIB
RATUSAN voucher paket sembako murah digelontorkan kepada nelayan dan masyarakat sekitar oleh Sahabat Sandi Kabupaten Tangerang di Desa...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Tiang Pantograf Roboh Timpa KRL hingga Anjlok di Kampung Bandan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 20:10 WIB
Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya Sabtu (26/11) siang hingga sore ini membuat sebuah tiang pantograf roboh menimpa...
DOK.MI

Belasan Kontrakan Luluh Lantak Dihantam Puting Beliung di Jelambar

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:55 WIB
Hingga kini, tercatat 26 kepala keluarga (KK) atau 68 jiwa yang kehilangan tempat tinggal akibat kejadian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya