Kamis 13 Oktober 2022, 22:31 WIB

Dapat Rapor Merah Dari DPRD, Pengamat : Relawan Anies Bisa Sanggah Dengan Data

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
Dapat Rapor Merah Dari DPRD, Pengamat : Relawan Anies Bisa Sanggah Dengan Data

Dok. Pribadi
Refleksi 5 tahun kepemimpinan Anies Baswedan di DKI Jakarta oleh Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan akan purna jabatan pada 16 Oktober mendatang. Nantinya, kekosongan jabatan Gubernur akan diisi oleh Penjabat (Pj) pengganti. 

Selama 5 tahun menjabat, capaian Anies menuai pro dan kontra dari masayrakat, termasuk 23 janji politik Anies pada saat kampanye Pilkada 2017 silam. 

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, 5 tahun kepemimpinan Anies perlu dievaluasi. Ia menilai Anies layak mendapatkan nilai B sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017-2022. 

"B lah yaa nilainya, antara 6 ampe 7 kenapa B karena kita harus akui ada beberapa hal yang sudah dilakukan oleh Anies, sekalipun itu diluar dari janji politiknya, misalnya formula e dan JIS," ujarnya saat acara refleksi 5 Tahun Jabatan Anies Baswedan yang diselenggarakan oleh Fraksi PDIP, Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (13/10). 

Ia melanjutkan, keberhasilan Anies di Jakarta dengan membangun JIS dan menyelenggarakan Formula E perlu diapresiasi. Ia mengungkapkan, hal tersebut sebagai manifesto politik Anies yang akan ditunjukkan ke masyarakat. 

"Sebagai Gubernur dia sudah melakukan sesuatu, itu bagian dari wujud apa yang ingin ditunjukan oleh anies tentang legacy yang dia tinggalkan," jelasnya. 

Baca juga : Waspada Banjir, Wagub DKI: Kita Sudah Siapkan Antisipasi Banjir Serial Harinya

Sebelumnya, Fraksi Partai PDIP mengkritisi terkait keberhasilan Anies terhadap 23 janji politiknya. Dari 23 janji tersebut, 5 diantaranya sudah terpenuhi. 

Adi mengatakan, dari segi penilaian Anies mendapatkan rapor merah dari partai dengan berlambang Banteng tersebut. 

"Kalau dilihat dari segi penilaian dari PDIP kan cukup minor, itu merah," ujarnya. 

Oleh karena itu, ia berharap Anies dan tim relawan maupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa segera membuktikan penilaian dari Fraksi PDIP apakah benar atau tidak. 

Ia mengatakan bentuk pembuktian pencapaian janji politik Anies bisa melalui berbagai media dan platform, mulai dari pembuatan rilis hingga video atau data dari kongkrit yang berasal dari website resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 

"karena yang dikristisi itu adalah 23 janji politiknya, menurut teman-teman PDIP nilainya merah, karena hanya 5 yang terealisasi, dan 18 lainnya tidak dikerjakan, betul atau tidaknya ini, publik bisa menilai, apakah sesuai data," pungkas Adi. (OL-7)

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Amankan Driver Ojol Aniaya Karyawan Restoran di Jakbar

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:57 WIB
Tersangka IIR ditangkap oleh personel Polsek Metro Kembangan, Jakarta Barat, di salah satu rumah kerabatnya pada Senin (6/2) sekitar pukul...
DOK.MI

Pengemudi Fortuner Tabrak Pemotor di Jaktim Menantu Anggota Polri

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:42 WIB
Penggunaan pelat dinas Polri di kendaraan itu sampai saat ini masih didalami oleh...
MI/Syarief Oebaidillah

Jadi Bacaleg DPRD Tangsel, ARN Komitmen Beri Yang Terbaik Bagi Masyarakat

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:40 WIB
PEMILU serentak 2024 baru akan berlangsung setahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya